Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Semur Ayam dan Tahu Sederhana Anti Gagal!

Ingin tau rahasia masak semur ayam dan tahu sederhana yang nikmat? Tidak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep semur ayam dan tahu sederhana terbaik! Satu lagi hidangan yang bakal membuat meja makan semakin meriah - semur ayam dan tahu sederhana! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Semur Ayam dan Tahu Sederhana

Pada umumnya orang tidak berani memasak semur ayam dan tahu sederhana karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur ayam dan tahu sederhana! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai banyak bumbu agar masakan yang dihasilkan tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Untuk membuat semur ayam bisa dipakai ayam kampung atau ayam negeri. Angkat dan sajikan semur sederhana selagi hangat. Simple dan cepat banget lho masak semur ayam ini. meski demikian, namun tekstur ayam tetap empuk dan nagih.

Kalian dapat menghidangkan semur ayam dan tahu sederhana hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin semur ayam dan tahu sederhana yuk!

Untuk membuat Semur Ayam dan Tahu Sederhana, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/4 kg of ayam.
  2. Dibutuhkan 1 bungkus of tahu kuning.
  3. Dibutuhkan 3 siung of bawang merah.
  4. Siapkan 2 siung of bawang putih.
  5. Ambil 3 butir of kemiri.
  6. Gunakan 1/2 sdt of pala bubuk.
  7. Gunakan 1 sdt of garam.
  8. Dibutuhkan 1/2 sdt of kaldu jamur.
  9. Siapkan 1 sdt of lada butir.
  10. Gunakan 1 bungkus kecil of kecap (me. ABC).
  11. Sediakan 1 ltr of air.
  12. Sediakan 2 sdm of minyak untuk menumis.
  13. Dibutuhkan 1 sdm of bawang goreng.

Nah berikut tips biar daging ayam makin lembut dan empuk. Goreng ayam dengan api sedang dan sesali dibolak balik agar matangnya sempurna dan merata. Selain resep semur tahu sederhana ini, semur juga biasa dipadukan dengan daging sapi, ayam, lidah, ikan, hingga terong ataupun jengkol. Tentu ada perbedaan penggunaan rempah ataupun cara memasaknya di antara semua ini, namun prinsipnya tetap sama dan itulah indahnya semur.

Cara menyiapkan Semur Ayam dan Tahu Sederhana:

  1. Cuci bersih tahu dan ayam, kemudian goreng..
  2. Siapkan semua bumbu..
  3. Bawang merah, bawang putih, merica, dan kemiri dihaluskan..
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga tercium wangi, tambahkan pala bubuk kemudian tambahkan air tunggu hingga mendidih.
  5. Tambahkan kecap manis tunggu hingga mendidih kembali.
  6. Masukkan tahu dan ayam yang telah digoreng, masak kembali kurang lebih 15-20 menit. Koreksi rasa.
  7. Angkat semur yang telah matang dan tuang ke pinggan, beri taburan bawang goreng dan siap disajikan..
Resep Semur Ayam Lezat dan Nikmat - Semur ayam adalah kuliner nusantara yang terbuat dari bahan dasar ayam dan bumbu kecap manis yang meresap ke dalam ayam, menghadirkan cita rasa yang begitu familiar di lidah. Lihat juga resep Semur Ayam Simple enak lainnya. Dan resep semur ayam yang selanjutnya yang sangat praktis dan langsung bisa dipraktikkan di rumah yakni semur ayam tahu pedas. Tak kalah praktisnya dengan dua resep semur ayam di atas, semur ayam tahu pedas ini pun mempunyai bahan-bahan yang sangat sederhana diantaranya. Ingin mengolah makanan Nusantara yang sedap, sederhana & lezat?

Mudah bukan membuat semur ayam dan tahu sederhana? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close