Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam bakar wong solo yang Menggugah Selera!

Jenuh dengan menu makanan yang itu-itu saja? Mari coba resep ayam bakar wong solo ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! ayam bakar wong solo salah satu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Ayam bakar wong solo

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan ayam bakar wong solo karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam bakar wong solo! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Salah satunya adalah ayam bakar wong solo yang cukup terkenal akan cita rasanya yang gurih dan kaya akan rempah. Tak heran memang, jika banyak kalangan pecinta kuliner yang memburu masakan ini. Jika dilihat dari bahan dan bumbunya, cara membuat ayam bakar wong solo ini cukup mudah dan praktis.

Teman-teman dapat memasak ayam bakar wong solo hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ayam bakar wong solo!

Untuk menyiapkan Ayam bakar wong solo, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 ekor of ayam kampung potong sesuai selera.
  2. Siapkan of Jeruk nipis.
  3. Sediakan sesuai selera of Garam dan gula.
  4. Diperlukan of Penyedap rasa.
  5. Diperlukan 2 btg of serei geprek.
  6. Ambil 1 ruas of Laos geprek.
  7. Sediakan 4 lembar of daun salam.
  8. Siapkan 4 lembar of daun jeruk.
  9. Dibutuhkan of Air kelapa (ambil dari 1 bj kelapa).
  10. Diperlukan 8 sdm of kecap manis.
  11. Sediakan 5 sdm of madu.
  12. Dibutuhkan secukupnya of Gula merah.
  13. Sediakan secukupnya of Asam jawa.
  14. Sediakan of Bumbu dihaluskan:.
  15. Dibutuhkan 8 btr of bawang merah.
  16. Gunakan 6 btr of bawang putih.
  17. Gunakan 3 btr of kemiri sangrai lebih dlu.
  18. Diperlukan 1 ptg of kecil Laos.
  19. Diperlukan 1 ruas of kunyit.
  20. Sediakan Sedikit of ketumbar.

Ayam bakar Solo ini kata mba Utik akan lebih meresap bumbunya, jika di masak sekarang, kemudian di rendam bumbu semalaman di kulkas, besoknya baru di bakar. Tapi, karena tadi Yodha udah kepengen makan ayam bakar hari ini, aku pakai cara aku sendiri yaitu aku ungkep api kecil agak lama hingga bumbu. Salah satunya adalah resep ayam bakar solo. Tidak hanya terkenal di daerah Jawa Tengah, menu masakan ayam ini juga terkenal sampai di luar Jawa lho.

Cara menyiapkan Ayam bakar wong solo:

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu.
  2. Cuci bersih ayam beri jeruk nipis dan garam trus haluskan bumbu.
  3. Tumis bumbu halus masukkan daun salam,serei,Laos geprek aduk2 hingga bumbu matang,masukkan kecap manis,gula merah,asam jawa dan penyedap rasa.
  4. Masukkan ayam,aduk hingga tercampur rata dengan bumbu beri air kelapa biarkan hingga bumbu meresap dan mengental.
  5. Sudah mengental angkat dan bakar sebentar aja sambil dioles sisa bumbu.
  6. Angkat dan sajikan dengan sambel terasi.
Hal ini dibuktikan dengan larisnya rumah makan Wong Solo di berbagai kota di Indonesia. Ya, restaurant ini mempunyai salah satu menu andalan ayam bakar Wong Solo yang rasanya enak, gurih dan lezat. Membuka Bisnis Ayam Bakar Wong Solo. Pemasok atau supplier dimana masing-masing pemasok akanmenyediakan bahan baku secara bergiliran atau menggunakan system rolling, yaitu dengan cara menyuplai daging ayam setiap dua kali dalamseminggu dengan satu kali hari libur. Ayam Penyet (smashed chicken) is an Indonesian (east Javanese cuisine ) which is a fried chicken dish which consist of a fried chicken being smashed with the pestle against a mortar… Ayam Bakar Wong Solo adalah rumah makan, artinya Ayam Bakar Wong Solo adalah tempat makan dan minum.

Selamat mencoba resep ayam bakar wong solo! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close