Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menyiapkan Terong sambal ijo yang Bikin Ngiler!

Coba resep terong sambal ijo sebagai menu istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! terong sambal ijo, sajian mudah dan cepat untuk dimasak. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Terong sambal ijo

Sebagian Besar orang tidak berani memasak terong sambal ijo karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari terong sambal ijo! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Tapi menu terong yang satu ini lebih pedas menggigit dengan cabai rawit dan sarden sambal hijau. Lihat juga resep Sambal Merah Terong Hijau enak lainnya. Source : CP Aang Hudaya dengan modifikasi ala saya Mengawali pagi dengan menu pedas, tapi pedas yang berbeda, pedas ala-ala saya😅 Sambal terong ini enak terasa segar dinikmati karena tanpa minyak.

Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat memasak terong sambal ijo hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep terong sambal ijo!

Untuk menyiapkan Terong sambal ijo, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 300 g of terong ijo.
  2. Diperlukan 6 butir of bawang merah.
  3. Siapkan 4 siung of bawang putih.
  4. Sediakan 1 sdt of terasi.
  5. Gunakan Sesuai selera of cabe rawit ijo dan cabe ijo keriting.
  6. Diperlukan 3 buah of tomat ijo.
  7. Dibutuhkan 1/2 sdt of gula pasir.
  8. Sediakan Secukupnya of garam dan penyedap.

Ada modif ala saya di sini, resep asli pakai terong hijau. Dan ini bahan saya kukus lalu dipanggan. Sambal Ijo/Sambal Lado Mudo or green chillies sambal is a typical sambal from Padang , West Sumatra. If you ever go to Padang or Minang restaurant, you will find it as one of their main menu.

Langkah-langkah membuat Terong sambal ijo:

  1. Terong dibagi 4 memanjang kemudian dipotong-potong. Duo bawang dipotong jadi 2, cabe-cabean dan tomat juga dipotong-potong..
  2. Goreng terong setengah matang, sisihkan. Kemudian goreng cabe-cabean dan duo bawang hingga layu..
  3. Uleg duo bawang dan duo cabe terasi, garam dan penyedap..
  4. Tumis sambal sampai harum. Kemudian masukkan tomat dan terong. Tambahkan sedikit air dan gula. Cek rasa. Masak sampai terong matang dan air menyusut..
  5. Angkat dan sajikan..
This sambal is a 'necessary' part of the menu as. Resep sambal terong yang enak gurih dan pedas ini dijamin cocok untuk pecinta terong sekaligus pecinta masakan pedas. Karena Kita akan membuat yang ekstra pedas dan bikin meledak di mulut. Tapi untuk Anda yang kurang suka pedas jangan khawatir, cukup dikurangi saja takaran atau jumlah cabe rawitnya. Sambal ala Indonesia ini sangat banyak sekali macam dan jenisnya, mulai dari sambal terasi, sambal tomat, sambal bawang & tentunya masih banyak lagi sambal unik lainnya.

Mudah bukan membuat terong sambal ijo? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close