Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam bumbu bacem Anti Ribet!

Jenuh dengan sajian makanan yang itu-itu aja? Yuk coba resep ayam bumbu bacem ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! ayam bumbu bacem cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk makanan pesta.

Ayam bumbu bacem

Pada umumnya orang malas mulai memasak ayam bumbu bacem karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bumbu bacem! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibuat terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Namun, dengan penggunaan bumbu bacem ini, masakan ini akan akan memberikan cita rasa tersendiri yang cukup unik. Tentunya, dengan cara memasak dan bumbu yang tepat akan menghasilkan rasa manis dan gurih yang meresep hingga kedalam daging ayam. Frida, sahabat MAHI si jagoan dapur ini punya satu resep yang bisa kamu siapkan sebagai kejutan untuk keluarga tersayang.

Kawan-kawan dapat memasak ayam bumbu bacem hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ayam bumbu bacem yuk!

Untuk menyiapkan Ayam bumbu bacem, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1/2 kg of daging ayam.
  2. Diperlukan 5 of cabe rawit (optional).
  3. Ambil 1/2 sachet of merica bubuk.
  4. Sediakan 2 biji of kemiri.
  5. Ambil 1/2 sdm of ketumbar.
  6. Diperlukan 5 siung of bawang merah.
  7. Sediakan 3 siung of bawang putih.
  8. Sediakan 4 sdm of kecap manis.
  9. Sediakan sisir of gula aren.
  10. Dibutuhkan of kaldu bubuk.
  11. Dibutuhkan of garam.
  12. Siapkan of air.

Satu resep sederhana yang tidak pernah orang Indonesia akan bosan menikmatinya - ayam bumbu bacem! Royco Kaldu Ayam dan Bango Kecap Manis kali ini bahu menciptakan satu harmoni dengan rasa gurih, manis, dan memanjakan pada resep ayam bumbu bacem. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Proses menyiapkan Ayam bumbu bacem:

  1. Ulek bumbu halus : bawang merah, bawang putih, garam, cabe, ketumbar, kemiri.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Tambahkan air, masukan gula aren, masukan kecap, aduk, masukan daging ayam (kalo saya airnya agak banyak supaya ayamnya empuk dan bumbu dapat meresap ketika direbus agak lama) tunggu hingga air berkurang.
  4. Koreksi rasa, sajikan.
Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan. Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam bumbu bacem. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close