Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Empek-empek dos nasi Anti Ribet!

Ingin tau rahasia masak empek-empek dos nasi yang nikmat? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep empek-empek dos nasi terbaik! empek-empek dos nasi cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin meriah.

Empek-empek dos nasi

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan empek-empek dos nasi karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari empek-empek dos nasi! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan kuat pastinya harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa enak. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Lihat juga resep Pempek Dos Nasi enak lainnya. Resep lezat dan sederhana dari Indonesia. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan.

Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat memasak empek-empek dos nasi hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin empek-empek dos nasi yuk!

Untuk menyiapkan Empek-empek dos nasi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 piring of nasi.
  2. Diperlukan 1 ons of tepung terigu.
  3. Siapkan 1 bungkus of tepung sagu tani(gak smua ke pake).
  4. Diperlukan 2 Batang of daun prey (bisa pake bisa tdk).
  5. Sediakan of Bumbu.
  6. Gunakan 4 siung of bawang putih.
  7. Sediakan 1/4 sdt of merica bubuk.
  8. Gunakan 2 bungkus of udang kering/gremut.
  9. Gunakan secukupnya of Garam,gula.
  10. Gunakan secukupnya of Kaldu bubuk.
  11. Ambil of Kuah cuko.
  12. Sediakan 1/4 kg of gula merah.
  13. Sediakan 2 siung of bawang putih.
  14. Siapkan 8 butir of cabe rawit (sesuai selera).
  15. Gunakan secukupnya of Garam,kaldu bubuk.
  16. Diperlukan 1 sdm of cuka atau memakai asam Jawa(kl sy suka pake asam Jawa).
  17. Diperlukan 1 Bungkus of udang gremut/ebi.

Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek - empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos.

Langkah-langkah membuat Empek-empek dos nasi:

  1. Siapkan panci isi dgn air secukupnya lalu panaskan setelah mendidih,masukkan nasi buat seperti bubur,haluskan bumbu2 smua,serta udang gremut masukkan ke dlm bubur,aduk2 Rata dan masukkan garam,gula dan kaldu bubuk tes rasa,kalau sdh rasa ckp dan sdh sprti bubur matikan kompor tunggu sampai dingin.
  2. Kalau bubur sdh dingin masukkan rajangan daun prey aduk rata,baru masukkan pelan2 tepung sagu dan tepung terigu uleni sampai agak kalis lalu bentuk2 adonan.
  3. Adonan bisa di bentuk menjadi empek lanjar(panjang) bisa di bentuk kapal selam yg dlmnya di isi sama kocokan telur.
  4. Adonan bisa di bentuk sesuai selera dan bila adonan smua sdh jd satu persatu masukkan ke dalam air panas tunggu sampai mengambang brti empek2 sdh matang dan sisihkan dl.
  5. Cara membuat cuko: panaskan air tunggu sampai mendidih lalu masukkan gula merah,haluskan bumbu smua masukkan bersama udang gremut dan asam Jawa aduk2 rata,jgn lupa tambah gula,garam dan kaldu bubuk,tes rasa.
  6. Setelah smua sdh matang baru goreng empek2 satu persatu dan potong2 kecil sajikan di piring dan siram dgn cuko atasnya taburi mentimun rajang,dan empek2 dos nasi siap di nikmati.
Jadi, bahan dasar pempek dos ya cuma sagu. Pempek dos belakangan jadi favorit yang karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih. Walau tanpa ikan, pempek dos dijamin tetap enak dipadu kuah cuko asam dan pedas. Pempek dos juga sering jadi alternatif konsumsi pempek pada penggiat vegetarian, lo. Klik resep di sini untuk tahu cara membuatnya yang praktis dan sukses.

Selamat mencoba resep empek-empek dos nasi! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close