Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kothok'an Iwak Pe Suroboyoan (Mangut Ikan Pari Khas Surabaya) Anti Gagal!

Ingin tau rahasia membuat kothok'an iwak pe suroboyoan (mangut ikan pari khas surabaya) yang lezat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep kothok'an iwak pe suroboyoan (mangut ikan pari khas surabaya) terbaik! kothok'an iwak pe suroboyoan (mangut ikan pari khas surabaya) pas untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Kothok'an Iwak Pe Suroboyoan (Mangut Ikan Pari Khas Surabaya)

Banyak orang tidak berani memasak kothok'an iwak pe suroboyoan (mangut ikan pari khas surabaya) karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kothok'an iwak pe suroboyoan (mangut ikan pari khas surabaya)! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Beberapa kuliner kesukaannya adalah penganan khas lokal yang rata-rata sulit ditemukan di kota lain selain Surabaya. Contoh makanan yang disukai Arief adalah Iwak Pe atau mangut ikan pari seperti ikan mangut di Jawa Tengah. Menpar Arief Yahya menyempatkan untuk mencicipi kuliner khas.

Teman-teman dapat menyiapkan kothok'an iwak pe suroboyoan (mangut ikan pari khas surabaya) hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep kothok'an iwak pe suroboyoan (mangut ikan pari khas surabaya)!

Untuk memasak Kothok'an Iwak Pe Suroboyoan (Mangut Ikan Pari Khas Surabaya), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 250 gr of Ikan Pari Asap, potong dadu.
  2. Siapkan 2 kotak of Tahu Putih, potong segitiga/ dadu.
  3. Ambil 1 papan of Tempe, potong segitiga/dadu.
  4. Gunakan 2 lbr of Daun Salam.
  5. Siapkan 3 lbr of Daun Jeruk.
  6. Gunakan 1 ruas of Lengkuas, geprek.
  7. Sediakan 1 bks of Santan Kara.
  8. Diperlukan Secukupnya of Air.
  9. Siapkan Secukupnya of Gula Garam.
  10. Gunakan of Bumbu Halus.
  11. Diperlukan 4 Siung of Bawang Putih.
  12. Siapkan 8 Siung of Bawang Merah.
  13. Diperlukan 3 cm of Kencur.
  14. Diperlukan 3 cm of Kunyit.
  15. Gunakan 1 sdm of Ketumbar.
  16. Sediakan 10 biji of Cabe merah (saya skip).
  17. Sediakan Sesuai selera of Cabe Rawit (saya skip).

Beberapa kuliner kesukaannya adalah penganan khas lokal yang rata-rata sulit ditemukan di kota lain selain Surabaya. Lihat juga resep MANGUT IWAK PE PARI PATIN ASAP enak lainnya. Soal ikan panggang, biasanya yang dipenyet iwak pe, alias pari. Tapi sebenarnya banyak ikan yang bisa dijadikan panggangan.

Langkah-langkah menghidangkan Kothok'an Iwak Pe Suroboyoan (Mangut Ikan Pari Khas Surabaya):

  1. Potong2 Tahu dan Tempe sesuai selera, kemudian goreng setengah matang. Sisihkan..
  2. Tumis Bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, dan lengkuas sampai matang dan wangi..
  3. Kemudian masukkan Ikan Pari Asap, aduk rata. Tambahkan tahu dan tempe yang sudah digoreng. Aduk rata..
  4. Tuangkan air sampai terendam, tambahkan gula dan garam sesuai selera. Masak hingga matang dan mendidih..
  5. Kecilkan api, tambahkan santan kara. Masak sambil diaduk2 agar santan tidak pecah. Saat sudah meletup2, matikan api..
  6. Bisa langsung disajikan dengan nasi hangat. Atau lebih enak lagi kalau dimakan keesokan hari..
Mulai Kakap Merah, Tengiri,Tongkol dan Dorang. Ikan yang didapat terlebih dahulu dibersihka n insangnya. Ini untuk mengurangi rasa anyir dan amis. Ik an yang sudah dibersihkan ini lalu dipotong-potong dan ditusuk bambu. Membandingkan Menemukan Nikmat Ikan Asap Santan (Iwak Pe - Jawa Timur).

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kothok'an iwak pe suroboyoan (mangut ikan pari khas surabaya). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close