Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pempek dos tahu Untuk Pemula!

Coba resep pempek dos tahu sebagai menu istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hidangan pempek dos tahu ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Pempek dos tahu

Pada umumnya orang takut mulai memasak pempek dos tahu karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos tahu! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Namun siapa yang tahu, ternyata nama tersebut diambil sebab saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Lihat juga resep Pempek Dos Nasi enak lainnya. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan.

Teman-teman dapat membuat pempek dos tahu hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pempek dos tahu yuk!

Untuk memasak Pempek dos tahu, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil of Isian pempek.
  2. Ambil 3 buah of Tahu putih.
  3. Ambil 2 siung of Bawang merah+bawang putih masing2.
  4. Diperlukan of Pempek.
  5. Ambil 250 gr of Tepung terigu.
  6. Gunakan 250 gr of Sagu.
  7. Ambil of Garam.
  8. Dibutuhkan of Penyedap rasa.
  9. Gunakan of Bawang putih bubuk.
  10. Siapkan secukupnya of Air panas mendidih.

Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek - empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos.

Cara memasak Pempek dos tahu:

  1. Hancurkan tahu pake garpu, jgn smpe halus, hancur2 kasar aja.
  2. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  3. Lalu ditumis sampe harum, setelah harum masukin tahu yg sdh di ancurin td, tambahkan garam, royco ayam.
  4. Masak sampe bumbu meresap.
  5. Angkat lalu dinginkan sebentar.
  6. Utk adonan pempek.
  7. Tepung sagu sm tepung terigu dicampur jd satu masukin garam penyedap rasa, bwgb putih bubuk dan sedikit royco.
  8. Tuangkan air panas, aduk2 sampe tercampur rata, lalu dinginkn sebentar, terus di uleni sampe kalis, bentuk2 adonan masukan isian tahu tadi.
  9. Rebus hingga mengapung.
  10. Goreng pempek, siap disantap pake cuko.
Nama pempek DOS memang terdengar unik. Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Namun sayang sekali kapasitas komentar di artikel ini sudah maksimal sehingga komentar baru tidak bisa lagi saya publish. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also add yellow noodles for variations.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat pempek dos tahu. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close