Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Memasak Pempek Tanpa Ikan yang Menggugah Selera!

Ingin tau rahasia bikin pempek tanpa ikan yang nikmat? Tidak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep pempek tanpa ikan terbaik! pempek tanpa ikan cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk sajian pesta.

Pempek Tanpa Ikan

Sebagian Besar orang takut mulai memasak pempek tanpa ikan karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek tanpa ikan! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dibikin tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Pempek sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan menggugah selera. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuko yang bercerita rasa asam, manis dan pedas.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat memasak pempek tanpa ikan hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep pempek tanpa ikan!

Untuk membuat Pempek Tanpa Ikan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Bahan Biang:.
  2. Ambil 250 gr of Tepung terigu.
  3. Gunakan 400 ml of Air (2gelas belimbing).
  4. Siapkan of Garam.
  5. Dibutuhkan of Penyedap rasa.
  6. Sediakan of Bahan Ulen:.
  7. Diperlukan 400 gr of Tepung sagu.
  8. Sediakan 1 butir of Telur ayam.
  9. Dibutuhkan 3 buah of Bawang putih (ulek).
  10. Siapkan of Bahan Cuko:.
  11. Dibutuhkan 500 ml of Air (2 1/2 gelas belimbing).
  12. Ambil 2 blok of Gula merah.
  13. Sediakan 5 buah of Cabai rawit.
  14. Ambil 3 buah of Cabai keriting.
  15. Dibutuhkan of Garam.
  16. Ambil of Penyedap.
  17. Diperlukan 1 buah of Asem jawa.
  18. Sediakan of Bahan Pelengkap:.
  19. Gunakan of Timun (iris sesuai selera).

Pempek umumnya dibuat dengan daging ikan yang digiling lembut dan dicampur dengan tepung. Meski demikian, Anda juga dapat membuat pempek tanpa ikan. Nah, pada umumnya makanan ini dibuat dengan campuran ikan. Namun ada juga lho, pempek tanpa ikan yang tak kalah lezat, namanya pempek dos.

Cara menghidangkan Pempek Tanpa Ikan:

  1. Masak bahan biang: Tepung terigu larutkan dengan air, tambah garam dan penyedap. Nyalakan api kecil, aduk-aduk hingga bahan lengket seperti lem, sisihkan..
  2. Diwadah lain masukan telur, bawang putih, masukan bahan biang tadi, aduk-aduk. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu, uleni hingga kalis dan dapat dibentuk..
  3. Bentuk bulat atau lonjong (sesuai selera).
  4. Panaskan air di panci hingga mendidih, masukan pempek yang sudah dibentuk tadi. Diamkan hingga pempek mengambang artinya sudah matang. Angkat, tiriskan..
  5. Sementara menunggu pempek yang sudah direbus tadi supaya dingin, kita buat air cuko terlebih dahulu. Didihkan air, masukan gula merah dan asam, diamkan hingga larut. Masukan cabai rawit dan keriting, tambahkan garam dan penyedap, cek rasa..
  6. Goreng pempek rebus tadi, hingga warna kekuningan..
  7. Potong pempek sesuai selera, iris timun, guyur dengan air cuko. Pempek siap disantap..
Pempek tanpa ikan ini cukup mudah dibuat di rumah. Bisa juga menjadi inspirasi bisnis rumahan. Berikut ini resep pempek tanpa ikan, seperti dilansir dari haibunda.com dari buku Pempek Resep Favorit Ny. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya.

Mudah bukan membuat pempek tanpa ikan? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close