Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Kotokan Iwak Pe Anti Gagal!

Ingin membuat kotokan iwak pe yang lezat? Tidak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep kotokan iwak pe terbaik! kotokan iwak pe cocok untuk makanan sehari-hari di rumah maupun untuk hidangan pesta.

Kotokan Iwak Pe

Kebanyakan orang malas mulai memasak kotokan iwak pe karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kotokan iwak pe! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah. Uniknya, kotokan ikan pe biasa diberi tambahan lombok hijau dan tempe. Kuahnya segar, gurih, dan pedasnya pas!

Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat membuat kotokan iwak pe hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kotokan iwak pe yuk!

Untuk menyiapkan Kotokan Iwak Pe, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 5 buah of ikan Tuna Asap saya 4 buah Iwak Pe Asap.
  2. Siapkan 3 buah of tahu putih cuci potong sesuai selera.
  3. Ambil 2 buah of terong ungu saya 2 buah terong hijau.
  4. Sediakan 1 ikat of daun bawang merah saya 1 ikat daun bawang hijau.
  5. Diperlukan 1 lembar of daun salam.
  6. Ambil 2 lembar of daun jeruk saya 3 lembar daun jeruk.
  7. Dibutuhkan 65 ml of santan kental.
  8. Gunakan Secukupnya of air, gula dan garam.
  9. Ambil of Bumbu halus.
  10. Sediakan 8 siung of bawang merah.
  11. Diperlukan 3 siung of bawang putih.
  12. Sediakan 2 buah of cabe buang isinya.
  13. Ambil 2 butir of kemiri sangrai.
  14. Gunakan 7 buah of cabe rawit, saya biarkan utuh.
  15. Sediakan 1 ruas of kunyit.
  16. Ambil 1 ruas besar of kencur.

Ikan Pe panggang selain digoreng buat penyetan, bisa juga disantan. Orang bilang Kotokan Pe atau sayur kotok Pe. bikinnya gini nih. KOTOKAN PE Ikan Pe Panggang, tahu dan tempe Bumbu iris : Brambang, bawang, lombok besar, lombok kecil,lombok ijo, tomat, ale Lengkuas, daun salam Santan Cara Membuat : Tahu dan Tempe direbus / dikukus… Resep Kotokan Iwak Pe (Ikan Pari masak Santan) kemarin paksu pulang bawa ikan pari asap, katanya mau dimasakin santan. yowes apalah daya ga bisa nolak. yang orang surabaya pasti tau banget masakan ini ya. menu yang berbahaya banget. bahaya bisa ngabisin nasi banyak. Kotokan iwak pe / mangut ikan panggangan.

Proses menghidangkan Kotokan Iwak Pe:

  1. Cuci bersih iwak Pe.
  2. Rebus Iwak Pe bersama jahe sentar saja, buang airnya, tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus daun salam daun jeruk hingga harum dan matang kemudian masukkan tahu dan ikan asap aduk rata, matikan api.
  4. Siapkan panci isi dengan air secukupnya lalu masukkan bumbu halus aduk hingga rata, lalu masukkan santan aduk-aduk terus sampai matang jangan ditinggal nanti santan nya pecah.
  5. Setelah mendidih tambahkan gula, garam kemudian masukkan cabe rawit dan terong aduk rata, masak terus sampai terong empuk kemudian tambahkan potongan daun bawang masak hingga matang, aduk-aduk terus jgn sampai santan pecah, koreksi rasa.
  6. Siap disajikan dengan sepiring nasi hangat 💃💃.
Ini salah satu masakan favorit saya. dari jaman kecil dimasakin ibu sampe masak sendiri. selera ndeso banget 😘 Alfiyani Mutazakir. Mangut iwak pe adalah masakan khas Pantura. Paling enak memang di masak mangut pedas gini.karena nanti aroma asapnya akan tercampur di kuah.nah itu yang menciptakan aroma dan rasa yang khas dari mangut.yang. Mulai dari sayur sayuran khas Surabaya, ada rawon, sayur lodeh manisa, ada lodeh tewel, sayur tumis pare, tumis kangkung, sambal goreng tahu tempe, aneka brengkes, aneka olahan ayam, seperti ayam goreng, kare ayam, ayam goreng kremes hingga menu favorit seperti, asem-asem ikan bandeng, mangut atau kotokan iwak pe dan nasi kuning. Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan.

Mudah bukan membuat kotokan iwak pe? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close