Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyiapkan Cuko/Cuka Pempek Untuk Pemula!

Bosen sama menu makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep cuko/cuka pempek ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! cuko/cuka pempek, hidangan mudah dan cepat untuk dimasak. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Cuko/Cuka Pempek

Banyak orang sudah minder duluan cuko/cuka pempek karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cuko/cuka pempek! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

PEMPEK PALEMBANG KAPAL SELAM + CUKO. Lihat juga resep Cuka pempek kental enak lainnya. CARA MEMBUAT CUKO/ CUKA PEMPEK KOMPLIT : Jika ingin lebih enak, campuran cabe dan bawang putih diulek sehari sebelumnya; Gula merah yang dipakai sebaiknya gula batok yang tidak berbau angit sehingga adonan tidak terasa pahit; Ebi halus juga, boleh di-pisah pada saat makan sebelum dicampurkan pada makanan, agar aroma-nya tetap muncul; Cara Membuat Cuko (Cuka) Asli Palembang, Pedas dan Kental, Serta Tips Agar Cuko Semakin Enak Cara membuat cuko pempek asli Palembang tidaklah sulit.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat membuat cuko/cuka pempek hanya dengan menggunakan 7 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin cuko/cuka pempek yuk!

Untuk memasak Cuko/Cuka Pempek, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 400 gram of Gula Aren Item.
  2. Sediakan 20 of Cabai campur (Rawit Keriting & Rawit Merah).
  3. Dibutuhkan 15 gram of Ebi.
  4. Dibutuhkan 1 Bonggol of Bawang Putih.
  5. Diperlukan 4-5 sdm of Cuka (aku: merk Naga).
  6. Dibutuhkan 3-4 sdm of Gula Pasir.
  7. Ambil Secukupnya of air bersih.

Cuko pempek Palembang ini dibuat dari bahan pokoknya berupa air gula merah. CARA MEMBUAT CUKO/ CUKA PEMPEK KOMPLIT : Didihkan air dan gula merah, asam jawa, air, dan cuka dengan api kecil , setelah gula larut, angkat lalu saring. Memasukkan cabe, garam sebaik nya sambil di cicipi, disesuaikan dengan selera. CARA MEMBUAT CUKO/ CUKA PEMPEK KOMPLIT : Didihkan air dan gula merah, asam jawa, air, dan cuka dengan api kecil , setelah gula larut, angkat lalu saring.

Proses memasak Cuko/Cuka Pempek:

  1. Panaskan air di panci secukupnya, rebus gula merahnya. Jika Gula nya merasa bersih tidak perlu di saring..
  2. Blender Cabai, bawang putih, dan ebi nya. Kemudian setelah gula sudah larut masukan cabai yang sudah dihaluskan.
  3. Masukan gula pasir dan cuka. Tes rasa, masak sampai mendidih. Angkat dan dinginkan (katanya diamkan 12jam baru bisa masuk kulkas biar tambah enak)..
Memasukkan cabe, garam sebaik nya sambil di cicipi, disesuaikan dengan selera. CARA MEMBUAT CUKO/ CUKA PEMPEK KOMPLIT : Didihkan air dan gula merah, asam jawa, air, dan cuka dengan api kecil , setelah gula larut, angkat lalu saring. Memasukkan cabe, garam sebaik nya sambil di cicipi, disesuaikan dengan selera. Setelah adonan terbentuk lalu direbus dalam air yang banyak sampai mengapung. Goreng dahulu sebentar lalu diiris-iris sebelum dihidangkan dengan kuah cuka.

Selamat mencoba resep cuko/cuka pempek! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close