Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cuko Pempek Kental (Wajib Coba) Kekinian

Ingin bikin cuko pempek kental (wajib coba) yang enak? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep cuko pempek kental (wajib coba) terbaik! Satu lagi menu makanan yang bisa bikin meja makan semakin meriah - cuko pempek kental (wajib coba)! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Cuko Pempek Kental (Wajib Coba)

Banyak orang sudah minder duluan cuko pempek kental (wajib coba) karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek kental (wajib coba)! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu agar masakan yang dibuat terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Ini resep cuko yang kental dan. Sementara itu, cuko pempek Palembang yang otentik cenderung kental dan pekat. Karena itu disajikan secara terpisah di dalam botol agar pembeli bisa menuangkan ke dalam mangkuk sesuka hati.

Kalian dapat menyiapkan cuko pempek kental (wajib coba) hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin cuko pempek kental (wajib coba) yuk!

Untuk memasak Cuko Pempek Kental (Wajib Coba), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 600-700 ml of air (boleh 500ml jika ingin sangat kental).
  2. Dibutuhkan 150-250 gr of gula merah.
  3. Siapkan 1 sdm of asam jawa.
  4. Dibutuhkan 1 sdm of ebi kering/ udang rebon.
  5. Sediakan Secukupnya of garam.
  6. Siapkan of Bumbu halus.
  7. Dibutuhkan 10-15 butir of bawang putih.
  8. Sediakan 100 gr of cabai (me : mix rawit + keriting).
  9. Gunakan 50 ml of air.

Resep cuko pempek Palembang sebenarnya mudah dipraktikkan. Namun bisa jadi Anda masih kurang puas karena masih encer dan kurang nampol di lidah. Tanpa cuka-cukaan, karena cuka ga bagus bisa. Namun jika pempek yang sudah enak tapi rasa cuka, cuko atau kuah pempek tidak enak maka akan merusak rasa si pempek dan membuat kesal penikmatnya.

Langkah-langkah memasak Cuko Pempek Kental (Wajib Coba):

  1. Sangrai ebi atau rebon hingga kering lalu haluskan. Sisihkan..
  2. Blender bumbu dengan air hingga halus. Sisihkan..
  3. Rebus air, gula merah dan bumbu halus. Tambahkan sisa bumbu lainnya kecuali ebi/ rebon halus. Masak hingga mendidih dan mengental.
  4. Saring lalu didihkan kembali, tambahkan ebi/ rebon halus. Masak kembali hingga mendidih dan kental. Tes rasa. Dinginkan dan bisa disimpan di kulkas tahan hingga 1 bulan..
  5. Sajikan kuah dengan pempek. Selamat mencoba 🥰.
  6. Bumbu bekas saringan kuah jangan dibuang, bisa dijadikan sambal dengan cara tumis sebentar dengan sedikit minyak. Enak buat makan pempek kulit atau dicocol pakai kemplang 🥰.
Nah, disini akan diberikan tips cara membuat cuka pempek yang enak, gurih dan kental yang dapat mengimbangi rasa pempek enak. Cek cara membuat Kuah Pempek atau Cuko. Hasilnya itu kental dan rasanya pedas manis, enak banget. Resep cara membuat kuah pempek, atau bisa disebut dengan cuko. Memiliki warna hitam yang rasanya pedas manis gurih, enak sekali.

Selamat mencoba resep cuko pempek kental (wajib coba)! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close