Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Tongkol Asap Kuah Santan yang Lezat!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep tongkol asap kuah santan ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Menu tongkol asap kuah santan ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Tongkol Asap Kuah Santan

Sebagian Besar orang takut mulai memasak tongkol asap kuah santan karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tongkol asap kuah santan! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Masukkan tongkol asap, tahu dan tempe, aduk hingga rata kemudian tuang santan sedikit demi sedikit. Pas banget yaa ada challenge #FinalJagoRecook_Yog. Nah, tongkol asapnya saya masak kuah santan pake cabe ijo ala mbak @Alesha Naima Putri.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat membuat tongkol asap kuah santan hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep tongkol asap kuah santan!

Untuk memasak Tongkol Asap Kuah Santan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/2 ekor of ikan tongkol asap, potong-potong.
  2. Ambil 1 bungkus of santan cair instan.
  3. Ambil 4 siung of bawang merah.
  4. Gunakan 4 siung of bawang putih.
  5. Siapkan 12 buah of cabe setan (yang berwarna orange), jumlah sesuaikan dengan selera.
  6. Dibutuhkan 8 buah of cabe rawit hijau (buang tangkainya saja, dan biarkan utuh).
  7. Dibutuhkan secukupnya of kencur.
  8. Ambil secukupnya of kunyit.
  9. Sediakan secukupnya of ketumbar bubuk.
  10. Diperlukan secukupnya of garam.
  11. Gunakan secukupnya of gula pasir.
  12. Dibutuhkan of lengkuas secukupnya, geprek.
  13. Sediakan secukupnya of daun salam.
  14. Gunakan secukupnya of daun jeruk.
  15. Dibutuhkan secukupnya of air.

Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Tongkol Asap Santan Cabe Ijo. Yuk langsung kita praktekkan membuat Tongkol Asap Santan Cabe Ijo. Tongkol asap kuah santan. tongkol asap, tomat hijau, tomat merah, cabai keriting hijau, cabai rawit merah, santan cair, Minyak untuk menumis, bawang merah Fitri Yulianti.

Proses menyiapkan Tongkol Asap Kuah Santan:

  1. Haluskan bumbu : cabe setan, bawang merah, bawang putih, kunyit, kencur, garam, gula, dan ketumbar.
  2. Panaskan minyak sebentar, lalu tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Masukkan lengkuas,daun salam, dan cabe rawit lalu tumis.
  3. Masukkan potongan ikan tongkol asap, kemudian tumis hingga bumbu tercampur rata bersama ikan.
  4. Masukkan santan cair ke dalam tumisan kemudian tambahkan daun jeruk. Tambahkan air secukupnya agar kuah tidak terlalu kental. Cicipi sebentar, bisa tambahkan gula atau garam bila kurang berasa.
  5. Tunggu hingga matang dan mendidih. Lalu angkat dan sajikan selagi hangat. Selamat menikmati ^^.
Bisa menjadi stock lauk sarapan untuk yang mager dan buru-buru berangkat kerja. Sajikan ikan tongkol asap kuah santan pedas buatan Anda untuk keluarga tercinta. Makanan lezat ini dapat Anda sajikan sebagai menu makan malam, sajikan bersama nasi panas. Demikian yang dapat dibagikan mengenai resep ikan tongkol asap kuah santan pedas. Semoga ulasan mengenai cara memasak ikan asap santan pedas ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat tongkol asap kuah santan hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close