Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Membuat Lodeh Ikan Asap Terong Anti Gagal!

Sedang cari resep lodeh ikan asap terong yang paling sedap? Tidak usah ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep lodeh ikan asap terong terbaik! Sajian lodeh ikan asap terong ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Lodeh Ikan Asap Terong

Sebagian Besar orang takut mulai memasak lodeh ikan asap terong karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari lodeh ikan asap terong! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Apalagi kalau nasi nya masih hangat. Lodeh Ikan Asap yang satu ini bisa jadi alternatif seru kamu di akhir pekan untuk disajikan demi keluarga tercinta. Alih-alih hanya menyajikan sayur lodeh pada umumnya, keberadaan ikan asap ini akan memberikan cita rasa tersendiri yang sangat menarik.

Kamu dapat menyiapkan lodeh ikan asap terong hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep lodeh ikan asap terong!

Untuk menyiapkan Lodeh Ikan Asap Terong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Ikan Asap (Jenis Terserah).
  2. Diperlukan of Terong.
  3. Gunakan of Bumbu Halus:.
  4. Dibutuhkan 3 of Bawang Putih.
  5. Sediakan 6 of Bawang Merah.
  6. Siapkan 5 of Cabe Keriting.
  7. Ambil of Cabe Rawit (Sesuai Selera).
  8. Dibutuhkan 1 Cm of Kunyit.
  9. Ambil 1/2 Cm of Kencur.
  10. Ambil 2 Btr of Kemiri.
  11. Siapkan of Ketumbar.
  12. Diperlukan of Merica.
  13. Sediakan of Bumbu Cemplung:.
  14. Sediakan 2 Cm of Laos.
  15. Dibutuhkan of Daun Salam.
  16. Ambil of Daun Jeruk.
  17. Ambil 1 of Santan Kara.
  18. Ambil of Gula.
  19. Diperlukan of Garam.
  20. Gunakan of Kaldu Bubuk.

Pernah satu masa aku mencoba sayur lodeh yang dipadukan dengan ikan salmon. Tekstur terong yang empuk dan lembut memang bisa membuat siapa saja ketagihan. Harganya yang ekonomis namun kaya dengan kandungan serat dan vitamin B membuat terong memiliki daya tarik tersendiri untuk diolah dalam ragam masakan. Jika terong balado atau sambal terong tidak bisa dinikmati oleh buah hati anda, maka sajikanlah lodeh terong yang gurih dan berkuah ini.

Cara memasak Lodeh Ikan Asap Terong:

  1. Siapkan ikan asap. Saya pakai jenis ikan campuran. Ikan marmoyo dan ikan tongkol. Kalau mau jenis yang lainnya juga boleh. Suka suka..
  2. Haluskan bumbu halus menggunakan blander. Sebelumnya beri sedikit air..
  3. Panaskan minyak goreng, sedikit saja. Tumis bumbu halus, tambahkan bumbu cemplung. Tumis hingga bumbu menjadi kental, lalu beri air..
  4. Tunggu hingga air mendidih, masukkan santan kara. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk. Tes rasa..
  5. Masukkan ikan asap. Tunggu sebentar, masukkan terong. Tunggu hingga semua matang, matikan api. Hidangkan. (Note: Baiknya memotong terong dengan cara melingkar seperti gambar ini agar ketika dimasak tidak mudah hancur).
Beranda / Resep / Sayur Lodeh Ikan Asap. Beranda / Resep / Sayur Lodeh Ikan Asap. Sesuai dengan namanya 'Sayur lodeh terong', maka bahan-bahannya pun hanya memanfaatkan terong saja. Namun meskipun begitu sayur yang satu ini tidak akan kalah nikmat dengan sayur lodeh yang lainnya. Kelebihan dari sayur ini yaitu selain rasanya yang nikmat, cara membuatnya pun sangatlah sederhana dibandingkan dangan sayur lodeh yang lainnya.

Mudah bukan membuat lodeh ikan asap terong? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close