Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cuka Pempek Anti Gagal!

Lagi pengen coba resep cuka pempek yang paling lezat? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep cuka pempek terbaik! cuka pempek, makanan gampang dan cepat untuk dimasak. Pas untuk disajikan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Cuka Pempek

Kebanyakan orang malas mulai memasak cuka pempek karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cuka pempek! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko".

Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat membuat cuka pempek hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep cuka pempek!

Untuk menghidangkan Cuka Pempek, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 kg of gula aren Palembang (beli di Shopee).
  2. Sediakan 1 liter of air.
  3. Gunakan 2 sdm of Asam jawa seukuran 2 sdm.
  4. Gunakan 2 sdt of garam.
  5. Ambil of Gula pasir (optional jika gula aren kurang manis).
  6. Siapkan of Bahan halus.
  7. Dibutuhkan 20 siung of bawang putih.
  8. Siapkan 40 of cabai rawit merah.
  9. Sediakan 3 of cabai merah keriting.

Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Com- Salah satu makanan khas Indonesia yang digemari banyak orang adalah pempek. Makanan khas Sumatera Selatan ini memang sangat unik karena disiram dengan campuran antara cuka dan kecap. Ada sebagian orang yang menganggap cuka pempek kurang baik bagi kesehatan.

Langkah-langkah memasak Cuka Pempek:

  1. Haluskan bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah dengan blender..
  2. Masak air dan gula aren sampai mencair. Jika sudah cair semua, saring gula..
  3. Masukan asam jawa, garam, dan bumbu halus ke dalam gula aren sambil dimasak lagi hingga mendidih..
  4. Tes rasanya, jika kurang bisa ditambah garam, cabai, atau asam jawa. Jika kurang manis bisa juga ditambahkan gula pasir..
  5. Jika rasa sudah pas, saring lagi cuko nya..
  6. Masak lagi cuko dengan api kecil sampai kekentalan yang diinginkan..
Maka jangan harap pempek tersebut akan enak rasanya jika cukanya tidak enak, meskipun adonan pempek tersebut sudah pas dan enak. Berikut ini adalah resep dan tips membuat kuah cuka yang enak. COM--Pempek merupakan makanan khas Kota Palembang yang banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Palembang, tetapi seluruh masyarakat di Indonesia menyukai makanah yang terbuat dari bahan gandum dan ikan ini. Namun makan pempek saja tidaklah enak rasanya jika tidak dengan cuka (Cuko -- bahasa Palembang). Cuko juga menentukan enak tidaknya ketika makan pempek.

Mudah bukan membuat cuka pempek? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close