Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut Kepala Manyung Untuk Pemula!

Lagi mencari resep mangut kepala manyung yang paling enak? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep mangut kepala manyung terbaik! mangut kepala manyung cocok untuk sajian sehari-hari di rumah maupun untuk makanan perayaan hari besar.

Mangut Kepala Manyung

Pada umumnya orang tidak berani memasak mangut kepala manyung karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Setelah sukses dengan dua restoran di Semarang, Restoran Kepala Manyung Bu Fat membuka cabang di Jakarta tepatnya di kawasan Cempaka Putih dan Cipete. Ikan manyung merupakan salah satu jenis ikan laut. Rasa dari mangut di Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat ini adalah gurih dan pedas.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat memasak mangut kepala manyung hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep mangut kepala manyung!

Untuk menghidangkan Mangut Kepala Manyung, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 2 of Kepala Manyung.
  2. Siapkan 10 biji of Ale (taoge dari biji klampis) iris2.
  3. Siapkan 150 ml of Santan kental.
  4. Dibutuhkan 2 of tomat potong 4bagian.
  5. Ambil of Bumbu tumis=.
  6. Ambil 3 sdm of petis ikan.
  7. Ambil 15 of cabe hijau iris 2cm.
  8. Gunakan 15 of cabe rawit iris bulat.
  9. Gunakan 5 siung of bawang merah iris.
  10. Diperlukan 5 siung of bawang putih iris.
  11. Diperlukan 10 of cabe setan utuh.
  12. Ambil 4 lbr of daun jeruk.
  13. Diperlukan 2 lbr of daun salam.
  14. Gunakan 2 ruas of jahe geprek.
  15. Sediakan 2 ruas of lengkuas geprek.
  16. Ambil 1 sdt of merica bubuk.
  17. Gunakan 2 ruas of kunyit parut. Peras ambil airnya.
  18. Diperlukan secukupnya of Gula jawa.
  19. Gunakan 1 sdm of bubuk kaldu.
  20. Gunakan 1 Liter of Air.
  21. Dibutuhkan Sedikit of Minyak goreng untuk menumis.

Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat jadi salah satu makanan legendaris dari Semarang. Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Bersihkan dan potong Ikan Kepala ikannya lembuut, dan itu bumbu yaaa, diolesin merata di kepala Manyung , endeeeus meresap sampai ke dalam-dalam.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Kepala Manyung:

  1. Panaskan minyak diatas wajan, masukkan semua bumbu tumis, aduk aduk sampai tercium aroma wangi petis ikannya.
  2. Tambahkan ale dan kepala manyung. Masukkan air biarkan sampai mendidih dan daging kepala manyung mulai empuk.
  3. Tambahkan santan kental, merica bubuk, perasan air kunyit,bubuk kaldu dan gula jawa.
  4. Aduk2 pelan sampai mendidih. Terakhir masukkan tomat lalu matikan api.
Jadi pas di hisep, berasa puaaaas banget ;). Aku rada cerewet soal ikan , amis dikit, langsung ga napsu :p. Nah mangut manyung ini, lebih dominan bau daging ikan yang diasapi. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Masakan dengan kuah santan dan cabe yang pedasnya nendang.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat mangut kepala manyung hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close