Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Steak Ayam Krispi Anti Ribet!

Ingin membuat steak ayam krispi yang nikmat? Tidak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep steak ayam krispi terbaik! steak ayam krispi pas untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap dan special.

Steak Ayam Krispi

Pada umumnya orang tidak berani memasak steak ayam krispi karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari steak ayam krispi! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Jika menggunakan daging sapi terlalu berat dikantong Anda bisa mencoba membuat steak dengan daging ayam seperti Bunda Nurainimwdh berikut ini;. Kali ini mau share resep kesukaan nih steak ayam krispi saus berbeque. Steak berasal dari bahasa Skandinavia 'steik' yang berarti irisan daging tebal yang dipanggang atau digoreng.

Kamu dapat membuat steak ayam krispi hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep steak ayam krispi!

Untuk menyiapkan Steak Ayam Krispi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 kg of dada ayam tanpa tulang.
  2. Dibutuhkan Secukupnya of garam.
  3. Ambil Secukupnya of lada.
  4. Diperlukan of Tepung bumbu serbaguna.
  5. Siapkan Secukupnya of air.
  6. Gunakan of Bahan saos :.
  7. Ambil 1 of bawang bombay iris halus.
  8. Siapkan 2 of bawang putih geprek, cincang.
  9. Gunakan of Air kaldu 700ml (boleh lebih atau kurang, sesuai selera aja).
  10. Dibutuhkan 1 sdm of tepung terigu.
  11. Gunakan Secukupnya of saos tiram.
  12. Ambil Secukupnya of lada hitam.
  13. Sediakan Secukupnya of saos tomat.
  14. Gunakan Secukupnya of gula merah / gula pasir.
  15. Diperlukan Secukupnya of pala bubuk.
  16. Diperlukan Secukupnya of kecap inggris.
  17. Gunakan 1 sdm of maizena larutkan dgn air.
  18. Diperlukan of Pelengkap :.
  19. Diperlukan of Wortel iris kotak panjang.
  20. Ambil of Buncis iris sesuai ukuran wortel.
  21. Sediakan of Kentang digoreng sesuai ukuran wortel.
  22. Sediakan of Bisa juga pakai kentang goreng siap pakai.

Daging steak pertama kali dibuat dengan daging rusa dan sapi. Saat ini steak juga dapat dibuat dari daging jenis lainnya seperti ayam. Harga ayam yang relatif murah membuat steak ayam menjadi alternatif makanan ala barat dengan harga terjangkau. Untuk membuat steak ayam krispi ini tidak terlalu sulit.

Proses menghidangkan Steak Ayam Krispi:

  1. Ayam di potong tipis2 sesuai selera. Kemudian marinasi dgn garam dan lada sekitar 30 menit - 1 jam. Semaleman di kulkas juga gpp.
  2. Buat adonan tepung bumbu basah dan kering. Celupkan ayam di tepung kering lalu adonan basah. Celupkan lagi ke tepung kering. Sambil sedikit di tekan dan remas perlahan sampai ada keriting2nya. Langsung goreng di minyak banyak dan panas.
  3. Untuk saosnya, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan terigu aduk cepat sampai rata. Tuang air kaldu. Atau air biasa juga boleh..
  4. Aduk sampai rata gak ada tepung yang bergerindil. Masukkan saos tiram, pala bubuk, saos tomat, gula, kecap inggris, lada. Tambahkan penyedap jika suka. Atau kaldu jamur..
  5. Setelah mendidih koreksi rasanya. Harus pas rasa gurih manis dan asinnya. Jika sudah pas, masukkan air maizena. Tujuannya untuk mengentalkan kuah. Didihkan sekali lagi. Matikan api. NOTE : saya suka saos yang halus. Jadi setelah dingin saos saya saring. Bumbu2nya di blender dengan sedikit saos hingga halus. Masukkan lagi dengan saos yg sudah di saring tadi. Jadi hasilnya bumbunya halus. Tapi kalo ada yang suka masih terasa bawangnya juga gpp ga usah di blender. Tergantung selera aja.
  6. Sayuran wortel dan buncis di rebus terpisah. Sebentar saja supaya masih crunchy. Langsung siram air dingin supaya warnanya tetap cantik. Kentang digoreng..
  7. Sajikan ayam krispi dengan sayur pelengkap. Siram dengan saosnya..
Anda hanya membutuhkan beberapa bahan-bahan masakan seperti dada ayam, telur, tepung bumbu, dan berbagai bumbu dapur. Tertarik membuat steak ayam krispi rumahan rasa mirip di restoran? Kemarin ke solo pengen banget makan steak di tempat langganan, tapi nggak tau kenapa rasanya kurang nendang menurutku. Terus kepikiran buat bikin sendiri, pernah lihat resepnya bunda @diah_didi jadi langsung nyoba eksekusi. Alhamdulillah enyak, suamik juga sukaa 😍 Jika biasanya steak selalu terbuat dari daging sapi, kali ini Anda bisa mencoba daging ayam sebagai bahan dasarnya.

Mudah bukan membuat steak ayam krispi? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close