Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut Ikan Manyung Untuk Pemula!

Coba resep mangut ikan manyung sebagai menu istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan mangut ikan manyung! Makanan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Mangut Ikan Manyung

Pada umumnya orang tidak berani memasak mangut ikan manyung karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan manyung! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu agar masakan yang dibikin tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ikan manyung dikenal cukup sulit untuk. Sedangkan Bumbu untuk membuat Mangut Ndas Manyung yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit hijau rebus, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam, dan penyedap secukupnya. Mangut Manyung merupakan masakan berkuah santan dengan rasa yang pedas.

Kalian dapat menghidangkan mangut ikan manyung hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 2 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin mangut ikan manyung yuk!

Untuk menyiapkan Mangut Ikan Manyung, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 600 gr of daging manyung asap (kurleb 14 potong).
  2. Ambil 1 btg of sere, geprek.
  3. Gunakan 3 lbr of daun jeruk, sobek sedikit.
  4. Diperlukan 2 lbr of daun salam.
  5. Ambil of Secukupnya/sepotong laos, memarkan.
  6. Gunakan 1000 ml of santan (kurang lbh).
  7. Ambil Secukupnya of garam.
  8. Dibutuhkan Secukupnya of gula merah.
  9. Sediakan Secukupnya of kaldu bubuk (opsional).
  10. Diperlukan Secukupnya of pete (opsional, saya nggak pakai).
  11. Sediakan of Bumbu Halus : πŸ‘‡.
  12. Sediakan 15 bh of bawang merah.
  13. Diperlukan 7 siung of bawang putih.
  14. Dibutuhkan 5 btr of kemiri sangrai.
  15. Ambil 20 bh of cabe merah kriting/sesuai selera.
  16. Sediakan 10 bh of cabe rawit merah/sesuai selera.
  17. Diperlukan 2 cm of kunyit.
  18. Sediakan 2 cm of kencur.

Masakan ini memakai ikan Manyung sebagai bahan dasar pengolahan. Bagian kepala ikan yang sering dipilih untuk diolah, tetapi anda juga dapat mempergunakan bagian daging tubuh ikan. Ikan Manyung adalah sejenis ikan laut yang biasa diolah menjadi ikan asin dan biasa disebut. Baru tahu mba ada mangut manyung wkwkwk.dan ikan manyung :p tapi liat penampakannya enak yah.

Cara menyiapkan Mangut Ikan Manyung:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum. Lalu tuangi santan. Masukkan sere, daun jeruk, salam laos, garam & gula. Biarkan hingga santan mendidih..
  2. Kecilkan api, masukkan ikan mangut, biarkan hingga santan agak menyusut & bumbu meresap. Cicipi rasa. Yummy...πŸ˜šπŸ˜‹.
Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Ikan manyung adalah ikan laut yang biasa ditangkap dan diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Ikan ini adalah anggota bangsa ikan berkumis (Siluriformes), famili Ariidae. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Mudah bukan membuat mangut ikan manyung? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close