Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Roti Baguette yang Menggugah Selera!

Bosan sama hidangan yang itu-itu saja? Mari coba resep roti baguette ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Satu lagi sajian yang bakal membuat meja makan semakin meriah - roti baguette! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Roti Baguette

Banyak orang takut mulai memasak roti baguette karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti baguette! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ciri roti baguette itu bentuknya yang panjang dan teksturnya keras. Baguette memiliki kulit cukup tebal, bagian dalamnya putih, dan rongga pori roti baguette agak besar. Roti ini biasanya disajikan bersama dengan sup atau dipanggang d.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat menghidangkan roti baguette hanya dengan menggunakan 4 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep roti baguette!

Untuk menghidangkan Roti Baguette, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 300 gr of terigu pro tinggi.
  2. Diperlukan 220 ml of air dingin.
  3. Gunakan 1/2 sdt of garam.
  4. Ambil 1 sdt of ragi.

Baguette (bΙ™ΛˆΙ‘Ι›t) adalah roti yang biasanya berbentuk panjang dan ukurannya yang besar, dan memiliki tekstur sangat renyah ketika dimakan. Tekstur luarnya keras dan renyah, tetapi bagian dalamnya putih dan lembut. Alasan mengapa baguette begitu disukai karena sebenarnya roti ini memiliki bahan yang sederhana, hanya terdiri dari tepung, air, garam dan ragi. Namun demikian untuk menciptakan baguette yang lezat, butuh kesabaran.

Proses menyiapkan Roti Baguette:

  1. Ambil wadah baskom, aduk rata tepung,ragi dan garam..
  2. Tuang air, aduk rata dengan spatula karna adonan lengket. Lalu diamkan 45menit, tutup kain..
  3. Ini metode 4x proofing agak lama memang. Setelah proofing pertama uleni sebentar 2 menit dengan tangan. Lalu proofing lagi 45menit..
  4. Uleni lagi 3 menit dan proofing yg ketiga 45menit. Kemudian uleni lagi 2 menit dan proofing 45 menit..
  5. Setelah 4x proofing bagi adonan menjadi 6 atau sesuai selera. Tabur dengan tepung supaya tidak lengket. Bulat2kan agak memanjang sedikit. Lalu istirahatkan 15menit..
  6. Setelah itu Uleni dan bentuk adonan memanjang. Plintir perlahan sambil tabur tepung. Lalu susun di loyang yg sudah diberi baking paper. Diamkan 12 menit sambil panaskan oven 180°.
  7. Iris sedikit bagian atas adonan kemudian semprot dengan air. Fungsinya agar krispi dan kering. Oven 180° selama 8 menit. Kemudian pindah posisi loyang oven lagi 10menit..
Sebab roti baguette yang lezat melalui proses berhari-hari. Maka itu simak cara membuat roti khas perancis Baguette ala kita yukk. Roti baguette ini memiliki kulit yang keras berwarna coklat dengan bagian dalamnya berlubang lubang sangat pas jika dinikmati dengan sup Anda tersebut. Selain disajikan dengan sup, roti baguette ini juga dapat Anda lumuri dengan aneka macam topping kemudian di panggang, sangat pas disajikan untuk menemani saat bersantai Anda.. Demikian bunda informasi dari kami menggenai cara membuat resep roti baguette atau yang juga di sebut dengan roti prancis, bunda pastinya sudah bisa membuat resep kali ini dengan sangat mudah, dimana untuk bahan-bahan seperti poppy seed bisa bunda dapatkan di berbagai toko bahan kue terdekat, begitu juga dengan garlic powder yang akan bisa bunda dapatkan dengan membelinya di toko bahan kue.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat roti baguette. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close