Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Tongkol Kuah Santan Kekinian

Bosan sama makanan yang itu-itu saja? Mari coba resep tongkol kuah santan ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Satu lagi menu makanan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - tongkol kuah santan! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Tongkol Kuah Santan

Pada umumnya orang sudah minder duluan tongkol kuah santan karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol kuah santan! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai banyak bumbu agar masakan yang dihasilkan terasa nikmat. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

ID - Ikan tongkol merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah ke berbagai menu masakan yang lezat. Recook dari mba Iba Dikas,tapi saya ga pedes soalnya di makan sama anak anak dan di sini saya tambah bubuk ketumbar.santan nya saya ganti pake fiber creme #DutaRecookBontang #AksiDutaRecook Yana Jumri. Ikan sarden bumbu gulai gak pkek santan.

Kamu dapat memasak tongkol kuah santan hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin tongkol kuah santan yuk!

Untuk menyiapkan Tongkol Kuah Santan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1 kg of Ikan tongkol (bisa pake ikan asap, cue, pindang, dll).
  2. Gunakan 1 buah of tomat.
  3. Ambil 2 lembar of daun salam.
  4. Gunakan 2 buah of cabe ijo, iris serong.
  5. Sediakan 2 buah of cabe merah, iris serong.
  6. Siapkan 5 buah of cabe rawit.
  7. Gunakan 1 ruas of laos, geprek.
  8. Dibutuhkan 1 batang of daun bawang, potong.
  9. Sediakan 3 sdm of santan instan kara.
  10. Gunakan of Haluskan :.
  11. Sediakan 4 siung of bawang merah.
  12. Ambil 2 siung of bawang putih.
  13. Dibutuhkan 1 butir of kemiri.
  14. Diperlukan of Lada bubuk.
  15. Dibutuhkan 1 ruas of kunyit.
  16. Gunakan Secukupnya of air.
  17. Sediakan Secukupnya of garam, gula, dan penyedap rasa.

Hanya dengan cara yang begitu sederhana dan simpel anda sudah bisa membuat sebuah resep masakan yang banyak disukai oleh semua orang yaitu dengan membuat ikan tongkol kuah santan. Resep kali ini akan kami buat dengan memiliki rasa pedas sebagai pelengkap kesegaran pada makanan yang satu ini. Masukkan ikan tongkol yang telah digoreng ke dalam bumbu, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap. Tambahkan santan kelapa, aduk semua bahan hingga rata dan masak hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak menggumpal.

Cara menyiapkan Tongkol Kuah Santan:

  1. Karna di tukang sayur adanya ikan tongkol segar jdnya ikan tongkol di kukus sekitar 20-30 menit spy mudah di ambil duri nya. Terus di goreng sebentar. Untuk ikannya bisa pake ikan asap, cue, pindang, dll yaaaa.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Lalu masukan laos dan daun salam..
  3. Beri air dan santan instan. Aduk rata. Kemudian masukan ikan tongkol. Masak hingga bumbu meresap. Terakhir tambahkan cabe rawit, cabe merah,cabe ijo, daun bawang, dan tomat. Kalo sy cabe nya sy skip karna buat makan duo krucils jg. Tes rasa.
Angkat sayur tongkol kuah santan yang pedas gurih. Setelah kuah meresap, tambahkan santan kedalamnya dan jangan ditutup kembali, melainkan silahkan aduk-aduk hingga kuah santan ini mendidih. Setelah matang, silahkan angkat sajian ini dari kompor dan sajikan bersama dengan hidangan lain dalam meja makan. Demikian resep membuat hidangan ikan tongkol santan pedas yang enak dan lezat. Jika sudah matang, anda bisa mengangkat sajian ikan tongkol kuah santan dan menyajikannya pada tempat saji yang sudah disediakan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat tongkol kuah santan hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close