Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Memasak Mangut kepala manyung tahu tempe Untuk Pemula!

Bosan sama menu makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep mangut kepala manyung tahu tempe ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Hadirkan mangut kepala manyung tahu tempe untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Mangut kepala manyung tahu tempe

Banyak orang tidak berani memasak mangut kepala manyung tahu tempe karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung tahu tempe! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dibikin terasa enak. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Lihat juga resep Mangut kepala manyung tahu tempe enak lainnya. Mangut adalah bumbunya, manyung ikannya 😁 Biasanya menggunakan di asap yang membuat khas bumbu mangut keluar. Bisa dimasak bersama tahu, tempe, terong hijau kupas. (terong hijau rasanya manis).

Sobat dapat membuat mangut kepala manyung tahu tempe hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep mangut kepala manyung tahu tempe!

Untuk menghidangkan Mangut kepala manyung tahu tempe, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 3 buah of kepala manyung (sudah diasap).
  2. Gunakan 2 buah of tempe.
  3. Diperlukan 2 buah of tahu.
  4. Ambil 1/4 buah of kelapa parut.
  5. Dibutuhkan of Bumbu halus.
  6. Gunakan 6 siung of bawang merah.
  7. Ambil 3 siung of bawang putih.
  8. Gunakan 5 buah of cabe merah.
  9. Gunakan 5 buah of cabe rawit merah.
  10. Dibutuhkan 3 buah of kemiri.
  11. Siapkan 1 ruas of jahe.
  12. Diperlukan sesuai selera of Kencur.
  13. Diperlukan sesuai selera of Kunyit.
  14. Ambil 3 lembar of daun jeruk.

Restoran Kepala Manyung Bu Fat menyambut ulang tahun Jakarta ini dengan promo menarik. Baca juga: Ulang Tahun Jakarta, Mengulik Sejarah Kuliner Betawi Alami Akulturasi Budaya Restoran Kepala Manyung Bu Fat membagikan makanan gratis pada para pelanggan setianya yang punya nama yang diawali dengan kata "Fat". Sedangkan Bumbu untuk membuat Mangut Ndas Manyung yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit hijau rebus, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam, dan penyedap secukupnya. Kepala/badan ikan manyung dipanaskan dalam kuah mangut sebelum disajikan Sementara itu telur ikan manyung pun tersedia dalam bentuk pepes botok terbungkus daun.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut kepala manyung tahu tempe:

  1. Cuci bersih bahan bahannya ya kepala mangut, tahu, tempe.
  2. Haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan (dengan blender/ ulekan).
  3. Kelapa yang sudah diparut lalu diambil air santannya.
  4. Siapkan wajan untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian tumis bumbu hingga harum dan sedikit mengering.
  5. Masukkan santan sambil diaduk aduk terus biar santan tidak pecah..
  6. Jika sekiranya sudah mendidih masukkan kepala manyung, tahu dan tempe. Masak hingga matang.
Selain ikan, warung ini juga menyediakan aneka lauk seperti ikan wader tepung, kering tempe dan kentang, pepes ikan, otak sapi, sate kambing, bakso sapi, tongseng dan gule kambing, ayam. Mangut salah satu masakan #Indonesia yang buanyak penggemarnya. Rasanya pedes, gurih bikin lidah terbuai rasanya πŸ˜‰. Biasanya mangut selalu ada ikan pe asap, tongkol asap atau kepala ikan manyung. Karena Pak Suami pengen dimasakin Mangut Kepala manyung, saya beli deh.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat mangut kepala manyung tahu tempe. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close