Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidangkan Mangut Ikan Manyung Asap Anti Gagal!

Bosan sama menu makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep mangut ikan manyung asap ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Sajian mangut ikan manyung asap ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Mangut Ikan Manyung Asap

Banyak orang malas mulai memasak mangut ikan manyung asap karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan manyung asap! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa enak. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Yang jelas ikannya besar dan dagingnya tebal. Cita rasa ikan manyung dimasak mangut ini memamg cocok. Berasa sekali sisa asap habis dibakar yang lalu dimasak kuah santan mangut,sehingga saat disantap masih meninggalkan harum bakar berpadu dengan gurih.

Sobat dapat menghidangkan mangut ikan manyung asap hanya dengan menggunakan 23 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin mangut ikan manyung asap yuk!

Untuk menyiapkan Mangut Ikan Manyung Asap, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan utama.
  2. Sediakan 1/2 kg of ikan manyung asap, cuci, goreng sebentar.
  3. Siapkan 1 sdm of ebi, cuci, goreng.
  4. Ambil 1 papan of pete.
  5. Diperlukan 5 buah of cabe rawit utuh.
  6. Gunakan 1 genggam of Daun kemangi.
  7. Diperlukan 1 bungkus of santan instan kemasan segitiga.
  8. Sediakan 700 ml of air.
  9. Gunakan of Bumbu halus.
  10. Gunakan 8 butir of bawang merah.
  11. Ambil 4 butir of bawang putih kating besar.
  12. Ambil 3 butir of kemiri.
  13. Gunakan 2 buah of cabai rawit (sesuaikan selera pedas).
  14. Siapkan 1/2 ruas jari of kencur.
  15. Dibutuhkan 1/2 ruas jari of kunyit.
  16. Siapkan 1/2 sdt of ketumbar.
  17. Siapkan of Bumbu pelengkap.
  18. Ambil 1 batang of serai, geprek.
  19. Diperlukan 2 lembar of daun salam.
  20. Sediakan 2 ruas jari of lengkuas/ laos, geprek.
  21. Siapkan 1 sdm of gula merah sisir.
  22. Gunakan 2 sdm of kecap.
  23. Siapkan secukupnya of Gula & garam.

Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara. Memasuki area ini, pengunjung akan disambut dengan aroma amis ikan segar dan aroma khas ikan asap. Sedangkan Bumbu untuk membuat Mangut Ndas Manyung yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit hijau rebus, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam, dan penyedap secukupnya. Sedikit bau asap tercium dari kepala ikan manyung dengan bumbu mangut.

Cara memasak Mangut Ikan Manyung Asap:

  1. Haluskan bumbu (duo bawang, kemiri, ketumbar, cabe rawit, kencur, kunyit), lalu tumis bersama dengan bumbu pelengkap (serai, laos, salam) dan ebi goreng hingga harum. Lalu tuangkan air, tunggu hingga mendidih.
  2. Masukkan ikan manyung asap dan santan, masak sampai kuah agak meresap kedalam ikan (kurang lebih 10 menit diatas api sedang). Tambahkan pula petai..
  3. Masukkan kecap, garam, gula merah, koreksi rasa. Terakhir masukkan kemangi dan cabe rawit utuh, tunggu hingga layu, lalu angkat. Lebih enak jika sebelum disajikan diberi taburan bawang merah goreng..
Di Restoran Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat yang terletak di Cipete, Jakarta Selatan ini hidangan tersebut jadi primadona. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng. Mau praktek buat homemade bandeng presto.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat mangut ikan manyung asap hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close