Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Bitter Ballen Kentang Ayam Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia membuat bitter ballen kentang ayam yang nikmat? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep bitter ballen kentang ayam terbaik! bitter ballen kentang ayam cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk sajian perayaan.

Bitter Ballen Kentang Ayam

Banyak orang sudah minder duluan bitter ballen kentang ayam karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari bitter ballen kentang ayam! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya masakan yang dibuat terasa nikmat. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Jadi penyelamat banget dech Tepung kentang Flakes ini jika ada acara mendadak dan harus bikin cemilan, karena tinggal seduh, campur-campur bahan, bisa di buat aneka snack dan olahan lain. Sebentar lagi mau puasa nich teman-teman, pasti akan sering bikin takjil, atau snack. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu wajan untuk tumisan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menyiapkan bitter ballen kentang ayam hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep bitter ballen kentang ayam!

Untuk memasak Bitter Ballen Kentang Ayam, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 500 gr of kentang.
  2. Siapkan 50 gr of teping terigu.
  3. Siapkan 250 gr of ayam fillet, cincang.
  4. Siapkan 1 buah of wortel.
  5. Ambil 1 batang of daun bawang.
  6. Gunakan 1/2 buah of bawang bombay, cincang halus.
  7. Sediakan 5 siung of bawang putih, cincang halus.
  8. Ambil 1 sdt of merica bubuk.
  9. Siapkan secukupnya of Keju mozarella, potong dadu,.
  10. Siapkan of Tepung roti.
  11. Sediakan of Putih telur.

Lalu masukan margarin ke dalam wajan dan tumis dengan bawang bombay sampai tercium bau harum. Setelah itu, masukan daging giling ke wajan tumisan dan aduk-aduk sampai berubah warna. Memasukan jamur dan aduk hingga merata. Selain menggunakan kentang dan daging giling, Anda juga dapat mengkombinasikan adonan bitterballen ini dengan bahan lainnya seperti keju, makaroni, dan roti tawar.

Cara menyiapkan Bitter Ballen Kentang Ayam:

  1. Kukus atau rebus kentang, sampai empuk. Lalu tekan2 hingga halus, sisihkan ke wadah lain, tunggu hingga dingin (suhu ruang).
  2. Tumis bawang bombay sampai layu, lalu masukkan bawang putih tumis sampai wangi. Lalu masukkan ayam cincang. Setelah ayam berubah warna, tambahkan wortel. Setelah wortel empuk, tambahkan daun bawang. Tambahkan merica bubuk, kaldu bubuk, dan garam sesuai selera..
  3. Tambahkan terigu dan segelas air matang, aduk terus hingga mengental. Matikan api. Lalu masukkan kentang yang sudah di haluskan ke dalam tumisan tadi. Lalu aduk rata. Biarkan dingin, hingga adonan dapat di pegang..
  4. Ambil satu sampai dua sendok adonan (kira2 aja, sesuai selera, mau besar atau kecil bulatannya), pipihkan lalu masukkan mozarella ketengahnya. Tutup, dan bulatkan lagi. Celupkan adonan ke putih telur, lalu masukkan kedalam tepung roti / tepung panir. Goreng di api sedang sampai kekuningan. Angkat dan tirikan.
  5. Bitter ballen hangat, enak di sajikan dengan cocolan sambal bangkok atau dengan cabe rawit juga cocok. Selamat menikmati 😊.
Daging sapi yang digunakan juga bisa diganti dengan daging ayam. Agar lebih praktis ketika memasaknya, Anda dapat membuat adonan bitterballen sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Langkah yang Bisa Anda Ikuti Untuk Membuat Sajian Kroket Kentang Isi Ayam Langkah Pengolahan. Kupas terlebih dahulukentang anda kemudian kupas. Setelah bersih lalu lanjutkan dengan mengkukusnya terlebih dahulu dan haluskan.

Selamat mencoba resep bitter ballen kentang ayam! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close