Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menyiapkan Baceman (ayam/tempe/tahu) ala Buni Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia bikin baceman (ayam/tempe/tahu) ala buni yang enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep baceman (ayam/tempe/tahu) ala buni terbaik! Hadirkan baceman (ayam/tempe/tahu) ala buni untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Baceman (ayam/tempe/tahu) ala Buni

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan baceman (ayam/tempe/tahu) ala buni karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari baceman (ayam/tempe/tahu) ala buni! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai banyak bumbu agar makanan yang dibikin tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Bacem atau baceman adalah cara masak dari Yogyakarta. Bahan makanan umumnya tempe, tahu, telor, dan atau ayam direndam dalam air gula supaya lebih awet. Baca juga: Tips Masak Murah untuk Keluarga, Coba Variasi Tempe, Tahu, dan Telur.

Kamu dapat menghidangkan baceman (ayam/tempe/tahu) ala buni hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin baceman (ayam/tempe/tahu) ala buni yuk!

Untuk membuat Baceman (ayam/tempe/tahu) ala Buni, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 5-6 potong of ayam (bisa diganti tahu atau tempe).
  2. Dibutuhkan of Air kelapa.
  3. Ambil 1/2 of atau 1 buah gula jawa.
  4. Gunakan of Asam jawa.
  5. Gunakan of Bumbu halus:.
  6. Sediakan 2-3 siung of bawang merah.
  7. Dibutuhkan 3-4 siung of bawang putih.
  8. Sediakan of Ketumbar.
  9. Sediakan of Garam.
  10. Sediakan of Bumbu dapur:.
  11. Gunakan 1 ruas of lengkuas/laos.
  12. Sediakan 1 batang of sereh (dikeprek bonggolnya).
  13. Gunakan 2 helai of daun salam.
  14. Gunakan 1 ruas of jahe.

Tempe dan tahu bacem bisa dijadikan lauk sarapan dan disimpan untuk esok hari. Resep Bacem Tahu Tempe, Kenikmatan Hakiki dari Sebuah Kesederhanaan; Resep Bacem Tahu Tempe, Kenikmatan Hakiki dari Sebuah Kesederhanaan. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Kesederhanaan Bacem Tahu Tempe selalu saja mengundang selera siapapun di rumah.

Proses memasak Baceman (ayam/tempe/tahu) ala Buni:

  1. Campur bumbu halus. Ulek..
  2. Setelah diulek, masukan ke dalam wajan yang akan digunakan untuk masak.
  3. Kemudian masukkan semua bumbu dapur..
  4. Tambahkan air kelapa (biasanya saya menggunakan air kelapa dan ditambahkan air biasa. Perbandingannya tetap lebih banyak jumlah air kelapanya), gula jawa, dan asam jawa..
  5. Aduk semua bahan tersebut kemudian masukan ayam/tempe/tahu. Pastikan seluruh ayam/tempe/tahu terendam air bumbu. Aduk hingga rata..
  6. Letakkan diatas kompor dengan nyala api sedang dan ditutup..
  7. Sesekali diaduk dan diratakan bumbu2 yang melekat di wajan..
  8. Tunggu sampai asat atau sesuai selera Anda..
  9. Selamat mencoba, semoga berkenan di hati :).
Bangun tidur, laper, pengen makan ayam penyet, tapi males jajan keluar. Cusss bikin prakarya ayam penyet deh buibu :) PS: karena baru pertama kali bikin jadinya gambar di fotonya ga kliatan. Btw, tahu dong ya kalau bacem itu makanan khas Jawa Tengah. Kalau di Magelang, di tempat makan manapun (kebanyakan) pasti ada Baceman. Makan di warung soto ada bacem, makan di warung nasi ketemu lagi, makan di resto gudeg ketemu juga.

Mudah bukan membuat baceman (ayam/tempe/tahu) ala buni? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close