Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyiapkan Mpek-Mpek Ebi yang Sempurna!

Ingin masak mpek-mpek ebi yang nikmat? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep mpek-mpek ebi terbaik! mpek-mpek ebi salah satu hidangan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Mpek-Mpek Ebi

Sebagian Besar orang malas mulai memasak mpek-mpek ebi karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mpek-mpek ebi! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Sajian lain empek-empek yang bisa dibuat adalah mpek-mpek Ebi, cara membuatnya sama seperti pempek yang lain. Yang pasti rasanya gurih dan sedap. Pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat menyiapkan mpek-mpek ebi hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 18 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep mpek-mpek ebi!

Untuk menyiapkan Mpek-Mpek Ebi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan Biang.
  2. Siapkan 8 siung of bawang Putih.
  3. Siapkan 30 gr of Ebi Kering (kurleb Rp 3000).
  4. Gunakan 1 sdm of Kaldu bubuk Ayam.
  5. Gunakan 1 sdt of garam.
  6. Siapkan 1 Liter of air.
  7. Dibutuhkan 400 gr of Tepung Terigu (saya gunakan 200 gr tepung Mocaf dan 200 gr Tepung Terigu).
  8. Diperlukan of Bahan Adonan.
  9. Sediakan 800 gr of Tepung Tapioka/Kanji.
  10. Gunakan 1 sdm of Kaldu Ayam.
  11. Ambil 5 Butir of Telur (jika ukuran telur besar gunakan 4 butir).
  12. Gunakan of Bahan Kuah Cuko.
  13. Siapkan 500 gr of Gula Merah.
  14. Gunakan 750 ml of Air.
  15. Gunakan 10 Siung of Bawang Putih.
  16. Diperlukan 20 Buah of Cabe Rawit Merah.
  17. Gunakan 10 Buah of Cabe Kriting Merah.
  18. Dibutuhkan 15 gr of Ebi Kering.
  19. Gunakan 2 Bungkus of Asam Jawa (Kurleb Rp 2000).
  20. Dibutuhkan 1 sdt of Garam.
  21. Gunakan 1 sdm of Gula Pasir.

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun hampir. Beri taburan berupa ebi cincang dan potongan mentimun; Kuah cuko siap dijadikan pendamping makan mpek mpek Palembang yang sudah digoreng tadi; Perpaduan rasanya yang asam manis pedas terasa pas saat dimakan bareng empek empek tengiri yang gurih dan sedap. Makanan ini kaya protein dan memang paling sedap dimakan sore hari sebelum makan malam.

Langkah-langkah menyiapkan Mpek-Mpek Ebi:

  1. Haluskan bawang putih, ebi, kaldu, garam dan gula..
  2. Didihkan air masukkan bumbu halus. masak hingga bumbu matang. angkat langsung perlahan campur bumbu pada tepung terigu di dalam baskom.aduk hingga tercampur dan tekstur tepung seperti bubur bayi. sisihkan hingga uap panasnya hilang..
  3. Kocok telur kemudian campurkan ke dalam adonan biang hingga tercampur rata..
  4. Masukkan Tepung Tapioka, kaldu, uleni hingga kalis jgn terlalu keras lembut tapi tidak lengket ditangan..
  5. Mpek Mpek kapal Selam lumuri tangan dengan tapioka lalu ambil sejumput adonan ukuran sesuai selera Bentuk adonan bulat2 kira-kira sekitar 18-20 bulatan.
  6. Kocok lepas 2 butir telur ukuran agak besar. (cukup untuk isi 18-20 mpek mpek kapal selam).
  7. Ambil satu buah bulatan, lubangi tengahnya jgn lupa tgn selalu diberi tepung agar tidak lengket..
  8. Beri 1,5 sdm telur kocok..
  9. Tutup bagian tepi atas perlahan hingga menyerupa kapal selam. ulangi hingga bulatan habis..
  10. Mpek Mpek Lenjer Ambil sejumput adonan bentuk lonjong ukuran 8-10 cm. sisihkan.
  11. Didihkan 3 liter air beri 3 sdm minyak sayur.
  12. Rebus mpek-mpek hingga matang ditandai dengan mpek-mpek mengapung ke atas..
  13. Angkat masukkan ke dalam baskom berisi air matang suhu ruang. lalu tiriskan..
  14. Langkah membuat kuah cuko 1. Blender bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan ebi beri sedikit air hingga halus. sisihkan..
  15. 2. Rebus gula merah hingga larut. cek jika ada kotoran saring gula merah. lalu masukkan bumbu halus, asam jawa. rebus hingga bumbu matang dan asam jawa larut (tersisa bijinya saja). beri garam secukupnya (tes 1 sdt garam dulu). beri sedikit kecap manis hitam pekat (sebagai warna)/bisa di skip jika tidak ada. Koreksi rasa. masak hingga kuah sedikit menyusut..
  16. Cara Penyajian. 1. Goreng mpek mpek hingga warna kuning keemasan. Angkat potong sesuai selera..
  17. 2. Beri kuah cuko yang disaring terlebih dahulu. ampas saringannya masukkan kembali ke panci kuah nanti bisa dibuat bumbu kembali jika air cuko abis. (hanya menambahkan gula dan asam).
  18. 3. beri potongan timun segar dan bihun atau soun yang telah diseduh. Sajikan hangat..
I created this version of pempek when I was living abroad where fish was much more expensive than it is in Indonesia. The result was a snack flavorful enough to keep my homesickness at bay. Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak Pempek atau yang biasa dikenal dengan empek-empek adalah makanan khas Kota Pelembang - Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Makanan Khas Palembang ini adalah salah satu makanan yang paling disukai oleh kebanyakan orang di Indonesia, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat mpek-mpek ebi hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close