Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pempek Dos (Tanpa Ikan) yang Enak Banget!

Ingin masak pempek dos (tanpa ikan) yang nikmat? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep pempek dos (tanpa ikan) terbaik! pempek dos (tanpa ikan) pas untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin special.

Pempek Dos (Tanpa Ikan)

Banyak orang sudah minder duluan pempek dos (tanpa ikan) karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos (tanpa ikan)! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek - empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos. Nama pempek DOS memang terdengar unik.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat memasak pempek dos (tanpa ikan) hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 14 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin pempek dos (tanpa ikan) yuk!

Untuk menyiapkan Pempek Dos (Tanpa Ikan), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 100 gr of Tepung Terigu.
  2. Diperlukan 250 gr of Tepung Kanji/Tapioka.
  3. Sediakan 2 butir of Telur.
  4. Sediakan 250 ml of Air.
  5. Diperlukan 2 sdt of Garam.
  6. Dibutuhkan 2 sdt of Kaldu ayam (masako).
  7. Siapkan Secukupnya of Merica.
  8. Sediakan of Bahan isian :.
  9. Ambil of Telur (dikocok).
  10. Ambil of Bahan Kuah Cuko :.
  11. Sediakan 250 ml of Gula Merah.
  12. Diperlukan of Asem Jawa.
  13. Gunakan of Bawang Putih.
  14. Gunakan of Cabe Kriting.
  15. Gunakan of Cabe Rawit.
  16. Siapkan 500 ml of Air.
  17. Gunakan of Garam.
  18. Dibutuhkan of Gula Pasir.
  19. Dibutuhkan of Timun.

Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Hasilnya sih tetap enak ya, apalagi cukonya 🀀 setidaknya mengobati kangen makan pempek asli palembang yg biasa dibawain suami klo dari dinas di s. Siapkan bahan-bahan lalu campur bahan biang dalam panci. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny.

Langkah-langkah menghidangkan Pempek Dos (Tanpa Ikan):

  1. Siapkan Bahan2 pempek..
  2. Masukkan air dlm wajan lalu masukkan merica, garam, dan kaldu ayam tunggu hingga mendidih..
  3. Setelah mendidih, masukkan tepung terigu aduk sampai rata. Jika sdh rata sisihkan di wadah..
  4. Masukkan 2 telur (dikocok) lalu aduk sampai rata..
  5. Masukkan tepung kanji/tapioka sedikit demi sedikit, aduk sampai kalis..
  6. Bentuk pempek..
  7. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan pempeknya. Kalau sdh terapung tandanya sdh matang, angkat lau sisihkan..
  8. Next buat kuah cukonya, siapkan bahan2 kuah cuko..
  9. Ulek cabai rawit, cabai kriting, dan bawang putih sampai halus..
  10. Masukkan air dlm wajan/teflon, tambahkan gula merah, gula pasir garam, bumbu yg telah di ulek, dan asem jawa. Aduk2 masak sampai mendidih. Rasa2 aj yah, jika ada yg kurang bisa ditambahkan..
  11. Siapkan wadah lalu saring kuah cuko, tambahkan sedikit cuka..
  12. Potong2 timun, buang bijinya..
  13. Goreng pempek, lalu potong2..
  14. Masukkan kuah cuko dan timun. Pempek siap dinikmati bersama keluarga πŸ€—.
Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan. Jadi berakhirlah saya, di hari Minggu kemarin, berkutat di dapur membuat pempek tanpa ikan yang ternyata rasanya tetap gurih dan lezat. Hasilnya sih tetap enak ya, apalagi cukonya 🀀 setidaknya mengobati kangen makan pempek asli palembang yg biasa dibawain suami klo dari dinas di s. Goreng pempek dalam minyak panas sampai permukaannya kecoklatan, angkat serta tiriskan. Selesai dong resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut nya.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat pempek dos (tanpa ikan) hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close