Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto Santan Aceh Kekinian

Jenuh sama menu makanan yang itu-itu aja? Mari coba resep soto santan aceh ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Perkaya koleksi resepmu dengan soto santan aceh! Sajian spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Soto Santan Aceh

Sebagian Besar orang tidak berani memasak soto santan aceh karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto santan aceh! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan kuat pastinya harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Resep Soto Santan Aceh. #SatuResepSatuPohon #WeekendChallenge #CookpadCommunity_Jakarta. Pelanggannya berasal dari berbagai kalangan: pegawai negeri, karyawan swasta, bintang sinetron, hingga petinggi Polri dan TNI. Mereka jadi pelanggan setia kedai ini.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menyiapkan soto santan aceh hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep soto santan aceh!

Untuk menyiapkan Soto Santan Aceh, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Kikil tebal secukupnya (me 1 kg).
  2. Gunakan secukupnya of Daging sapi.
  3. Siapkan of Mie kuning basah.
  4. Gunakan of Kentang kupas kukus.
  5. Siapkan 5 sdm of bumbu dasar aceh (ada di resep saya).
  6. Siapkan 1 sdt of kari bubuk sapi.
  7. Dibutuhkan 2 buah of kembang lawang(pekak).
  8. Ambil 2 buah of kayu manis.
  9. Sediakan 3 buah of cengkeh.
  10. Siapkan 1 buah of pala.
  11. Siapkan 1 sdt of garam (sesuaikan dgn volume kuah).
  12. Diperlukan 2 sdt of kaldu sapi bubuk(sesuaikan volume kuah).
  13. Sediakan 2 sdt of gula pasir.
  14. Dibutuhkan 1 sdt of lada bubuk.
  15. Siapkan 1/2 sdt of ketumbar bubuk.
  16. Siapkan of Air rebusan daging sapi dan kikil.
  17. Gunakan 1 bungkus of santan kara segitiga(me pke 1/2 klatu).
  18. Dibutuhkan of Tambahan:.
  19. Dibutuhkan iris of Tomat.
  20. Ambil of Daun bawang.
  21. Gunakan of Bawang goreng.
  22. Gunakan of Perasan Jeruk nipis.

Dari kalangan artis, pemain sinetron Syahrul Gunawan dan personel band Element Ferdy. Sehingga patut disebut Soto Bogor, rasa Aceh. Hal ini tidak lain karena Bang Ali berasal dari Aceh. Satu lagi yang membedakannya dengan Soto Bogor adalah semua bahan sotonya di goreng kecuali untuk daging dan babat.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Santan Aceh:

  1. Kikil dan daging rebus smpai empuk beri garam ya 1/2 sdt.sisihkan.air kaldunya utk kuah sotonya..
  2. Air kaldu daging yg sudah di pisahkan rebus lagi dan masukan bumbu dasar aceh, cengkeh, pekak, pala, kayu manis, kari bubuk,ketumbar bubuk. Aduk rata.
  3. Masukan santan perlahan sambil di aduk. Masukan garam, lada, kaldu, gula pasir. Aduk rata.masak smpai kuah matang sambil tes rasa..
  4. Trakhir masukan perasan jeruk nipis,daun bawang dan bawang goreng.
  5. Tata di mangkuk, mie kuning basah, kentang kukus yg sudah di potong2, tomat iris, potongan daging dan kikil yg sudah di rebus td, daun bawang..
  6. Siram kuah soto selagi panas agar mematangkan mie dan isiannya. Taburi bawang goreng..
  7. Boleh di nikmati dgn tmbhan acar timun wortel dan kerupuk emping (saya ga pke krna lupa buatnya td 😅😅).
  8. Tips : Jika ingin lebih pedas di bumbu acehnya bisa di sesuaikan takaran rawit merahnya ya. 🙏😊.
  9. Selamat mencoba 😊🙏.
Paru, otak, kikil, usus, jantung digoreng terlebih. Bagi anda penikmat soto tentu harus mencoba menu masakan dari serambi mekah ini. Tetapi bagi yang sedang ingin membuatnya di rumah di bawah ini sudah di siapkan resep rahasianya. Resep bumbu soto ayam aceh ini, menggunakan daging sapi dengan kuah santan ciri khas aceh, berikut bumbu dan cara membuat soto ayam ini : Ayokitamasak akan membagikan satu lagi Resep Membuat Soto Aceh, Soto Aceh tidak memiliki banyak perbedaan dengan soto lain yang mudah kita temui seperti soto lamongan, soto kudus, soto betawi dll. Soto Aceh sangat nikmat dihidangkan dengan nasi hangat bersama Keluarga daikhir pecan, membuatnya pun cukup mudah dan bahan yagn digunakan mudah didapat.

Selamat mencoba resep soto santan aceh! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close