Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut iwak pe yang Enak Banget!

Ingin tau rahasia memasak mangut iwak pe yang enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep mangut iwak pe terbaik! mangut iwak pe cocok untuk disandingkan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap dan special.

Mangut iwak pe

Banyak orang malas mulai memasak mangut iwak pe karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut iwak pe! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Mangut ikan asap.sudah menjadi hidangan sehari hari masyarakat Pantura. Di Pati dan Juwana ada warung makan yang terkenal dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe maupun iwak manyung. Mangut merupakan sajian berkuah santan dengan bahan utama ikan dengan sensasi rasa gurih, sedikit asam dan pedas.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat memasak mangut iwak pe hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin mangut iwak pe yuk!

Untuk menyiapkan Mangut iwak pe, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1/4 of iwak pe asap.
  2. Diperlukan 3 siung of bawang merah.
  3. Gunakan 4 siung of bawang putih.
  4. Siapkan 1 bh of Lengkuas.
  5. Dibutuhkan 1 ruas of Jahe.
  6. Dibutuhkan 1 ruas of Kunyit.
  7. Gunakan 10 of cabe rawit.
  8. Dibutuhkan 1 batang of serai.
  9. Dibutuhkan 2 lmbr of daun salam.
  10. Sediakan 2 lmbr of daun jeruk.
  11. Ambil 1 of scht santan kara.
  12. Ambil 4 bh of terong bulat uk.sedang.
  13. Diperlukan of Penyedap secukup nya.
  14. Sediakan secukupnya of Garam.

Lihat juga resep Mangut Ikan Pari (Iwak Pe) enak lainnya. Suara.com - Berkunjung ke Semarang, kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi mangut iwak pe (ikan pari). Ya hidangan berbahan dasar ikan pari ini menjadi salah satu kuliner andalan ibukota Jawa Tengah ini. Mangut sendiri adalah jenis masakan berkuah, yang tak melulu berbahan dasar ikan pari, dengan bumbu rempah-rempah yang sangat khas dan memiliki rasa yang eksotik.

Proses menyiapkan Mangut iwak pe:

  1. Rendam iwak pe dg air panas.
  2. Rajang memanjang bawang merah dan bawang putih.geprek lengkuas, kunyit,jahe,serai.
  3. Belah terong menjadi dua bagian.
  4. Tiriskan iwak pe,bilas sekali lagi bila perlu, tumis bawang merah,bawang putih,cabe,lengkuas,jahe,kunyit,serai,daun salam dan daun jeruk. Bila sudah harum masukkan 1 sachet santan kara tambah sedikit air, aduk sampai mendidih jgn sampai santan pecah, setelah mendidih dan harum masukkan iwak pe masak kurleb 5 menit masukkan terong yg sdh di belah 2, tambah kan penyedap dan garam sesuai selera..
  5. Siap di sajika 😊.
Mangut ikan asap.sudah menjadi hidangan sehari hari masyarakat Pantura. Di Pati ada warung makan yang terkenal dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe maupun iwak manyung. Haha Tinggal di sragen jd kangen mangut. Eh kok dikasih oleh oleh iwak pe dri kudus. Makasih mbak endang resep bakal dieksekusi.eh ditambah irisan terong enak juga lho mbak.

Selamat mencoba resep mangut iwak pe! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close