Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: 40. Pempek Dos Tanpa Ikan yang Lezat!

Coba resep 40. pempek dos tanpa ikan sebagai menu istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! 40. pempek dos tanpa ikan salah satu menu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

40. Pempek Dos Tanpa Ikan

Kebanyakan orang takut mulai memasak 40. pempek dos tanpa ikan karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 40. pempek dos tanpa ikan! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Bagi kamu yang belum tahu, pempek DOS adalah pempek yang dibuat tanpa tambahan ikan sedikitpun. Kamu tetap bisa membuat pempek tanpa ikan. Pempek ekonomis ini dikenal dengan sebutan pempek dos.

Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat membuat 40. pempek dos tanpa ikan hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin 40. pempek dos tanpa ikan yuk!

Untuk membuat 40. Pempek Dos Tanpa Ikan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan of 🥒Bahan pempek:.
  2. Siapkan 150 ml of air.
  3. Diperlukan 2 siung of bawang putih, haluskan.
  4. Siapkan 1 sdt of garam.
  5. Gunakan Secukupnya of kaldu bubuk.
  6. Dibutuhkan 1/2 sdt of gula pasir.
  7. Dibutuhkan 1 butir of telur.
  8. Sediakan 65 gr of tepung terigu.
  9. Gunakan of 🥒Bahan tambahan:.
  10. Gunakan 150 gr of tepung sagu.
  11. Siapkan of 🥒Bahan cuko:.
  12. Dibutuhkan 300 ml of air.
  13. Siapkan 200 gr of gula merah.
  14. Gunakan 2 sdm of asem jawa.
  15. Diperlukan of 🥒Bumbu halus cuko:.
  16. Siapkan 5 siung of bawang putih.
  17. Siapkan 1 bh of cabe.
  18. Ambil 3 bh of cabe keriting.
  19. Ambil of 🥒Pelengkap:.
  20. Sediakan of Mentimun.

Bentuk pempek dos persis seperti pempek khas Palembang pada umumnya. Hanya saja bahan baku utama dalam resep pempek dos adalah tepung sagu. Sementara untuk menambahkan rasanya, dibumbui dengan kaldu bubuk serta isian abon pedas. Resep Pempek Tanpa Ikan - Pempek merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan.

Proses menyiapkan 40. Pempek Dos Tanpa Ikan:

  1. Campur air, bawang putih, garam, kaldu bubuk dan gula pasir, kemudian masak hingga mendidih, setelah mendidih masukkan tepung terigu, aduk hingga mengental. Matikan api, biarkan adonan hingga suhu ruang..
  2. Lalu tambahkan telur, aduk rata..
  3. Kemudian masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga kalis, aduknya tdk usah terlalu kuat ya supaya tdk alot..
  4. Bentuk adonan lenjer..
  5. Jika sudah selesai, didihkan air di panci kemudian masukkan pempek, masak hingga mengapung, dan biarkan dulu beberapa saat supaya matang sampai dalam..
  6. Angkat, tiriskan, jika ingin disajikan boleh langsung di goreng, atau buat nanti juga bisa taruh di wadah kedap udara dan masukkan ke lemari es..
  7. Buat cukonya, campur semua bahan cuko dan bumbu halus, didihkan hingga keluar aromanya. Tes rasa..
  8. Tata pempek yg sudah digoreng dalam mangkuk, siram dengan kuah cuko lalu tambahkan irisan mentimun..
Olahan ini terbuat dari campuran tepung dan ikan tenggiri atau tongkol yang diberi kuah cuko. Meski ikan menjadi bahan utamanya, saat ini telah banyak kreasi resep pempek tanpa ikan yang tetap terasa lezat. Tak kalah dengan rasa […] Nama pempek DOS memang terdengar unik. Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Siapkan bahan-bahan lalu campur bahan biang dalam panci.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat 40. pempek dos tanpa ikan hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close