Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Karipap Pusing Anti Gagal!

Bosan dengan sajian makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep karipap pusing ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! karipap pusing salah satu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

Karipap Pusing

Sebagian Besar orang sudah minder duluan karipap pusing karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari karipap pusing! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

It is a thin dough made with several layers simulating a puff pastry, which is then fried or baked, filled with a mixture of ingredients that. SPIRAL CURRY PUFFS (KARIPAP PUSING 螺旋咖喱角): Spiral Curry Puffs, also known as Karipap Pusing (螺旋咖喱角) are a tasty and favourite Asian snack especially in Malaysia and Singapore. Makan panas-panas uih…sebiji memang tak cukup.

Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat membuat karipap pusing hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 15 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin karipap pusing yuk!

Untuk menyiapkan Karipap Pusing, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Bahan A :.
  2. Siapkan 160 gram of tepung terigu serbaguna.
  3. Gunakan 1 butir of telur (boleh skip).
  4. Siapkan 40 gram of margarin.
  5. Ambil 50 ml of air matang.
  6. Ambil 1/2 sdt of garam.
  7. Ambil 1/4 sdt of kaldu bubuk.
  8. Gunakan of Bahan B :.
  9. Dibutuhkan 75 gram of tepung terigu.
  10. Dibutuhkan 45 gram of margarin.
  11. Sediakan of Bahan Isian :.
  12. Gunakan 100 gram of kentang.
  13. Sediakan 2 buah of wortel ukuran sedang.
  14. Ambil 2 siung of bawang putih, cincang halus.
  15. Diperlukan 2 siung of bawang merah, iris.
  16. Diperlukan 1/4 sdt of merica bubuk.
  17. Ambil 1 sdm of SKM.
  18. Ambil Secukupnya of garam, gula, dan kaldu bubuk.
  19. Siapkan Secukupnya of air.

Ramai yang 'takut' nak cuba kerana anggap Karipap Pusing ni susah nak buat. Jangan bimbang, resipi perkongsian Opah Mas Cotek ni antara yang mudah. Sesuai untuk sarapan pagi atau juga minum petang. Bahan-bahan diperlukan: *Doh berminyak* : Resepi Karipap Pusing Rangup.

Cara membuat Karipap Pusing:

  1. Buat bahan isian : kupas kentang dan wortel, cuci lalu potong dadu kecil2, tumis bawang merah dan bawang putih, masukkan kentang dan wortel, tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, tambahkan sedikit air, aduk2 dan masak sampai bumbu meresap dan air menyusut, setelah wortel dan kentang empuk tambahkan SKM dan kaldu bubuk. Aduk2 sampai kesat dan airnya kering, harus benar2 kesat yah soalnya kalo isiannya basah nanti bagian dalam kulit karipap kurang mateng..
  2. Campur semua bahan A, saat menambahkan air jangan langsung dituang ya, tambahkan sedikit2 saja sampai adonan kalis, (kalo telur di skip, jumlah air ditambah sampai adonan pas). Uleni adonan sampai tercampur/kalis dan tidak menempel. Diamkan adonan selama 10-15 menit supaya lebih lentur. Jangan lupa ditutup plastik supaya tidak mengeras..
  3. Campur bahan B, kalo adonan belum bisa dibentuk tambahkan margarin lagi, adonan jangan terlalu keras, berbeda dengan adonan bakpia yang mawur, kalo ini adonan harus lebih lentur, kalo keras nanti saat dipipihkan dan digulung bagian dalam akan hancur. Masing2 adonan A dan B dibagi 2..
  4. Ambil 1 adonan A, pipihkan sedikit lalu letakkan adonan B diatasnya. Selimuti lalu bulatkan..
  5. Gilas adonan dengan rolling pan/botol, jangan terlalu tipis ya, tebal adonan sekitar 1 cm. Saat menggilas pelan2 saja karena adonan lentur banget dan gampang dipipihkan jadi jangan terlalu ditekan..
  6. Lipat adonan sambil sedikit ditekan supaya rapat..
  7. Setelah digulung gilas lagi..
  8. Kemudian gulung sambil ditekan, rapikan sisi2nya..
  9. Potong sesuai selera besar kecilnya, kalau saya dibagi 4 jadinya besar2, kalau mau lebih tipis dan kecil bisa dibagi 5. Ulangi dari langkah 4 sampai sisa adonan habis..
  10. Ambil satu adonan yang sudah dipotong kemudian gilas. Saat menggilas jangan terlalu tipis atau terlalu tebal..
  11. Letakkan bahan isian diatasnya, kalau saya lebih suka padat jadi bahan isiannya saya kasih banyak..
  12. Lipat kemudian satukan ujung2nya, pilin dengan cara dicubit dan lipat kearah depan..
  13. Goreng kedalam minyak panas dengan api sedang, setelah kekuningan dan tekstur kulit mengeras angkat. Tiriskan dialas kertas atau tissue..
  14. Sajikan selagi hangat, udah dinginpun tetap enak karena rasanya yang renyah dan empuk..
  15. Terlihat lapisannya, rasanya lebih enak dan lebih renyah daripada pastel biasa. Gurih, renyah dan berlapis2, yummie😍😍😍.
Karipap ialah sejenis juadah yang terkenal di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura. Terdapat beberapa jenis karipap seperti karipap daging, ayam, sardin, ikan (temosa) dan mini. Bahan utama inti karipap ialah daging dan kentang. Masukkan inti kari kentang ke atas kulit karipap pusing dan tutup. Kemudian kunci tepinya seperti gambar ketiga.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat karipap pusing hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close