Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Garang asam bandeng asap Sidoarjo Anti Ribet!

Bosen sama menu makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep garang asam bandeng asap sidoarjo ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! garang asam bandeng asap sidoarjo, makanan mudah dan cepat untuk dimasak. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Garang asam bandeng asap Sidoarjo

Banyak orang tidak berani memasak garang asam bandeng asap sidoarjo karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari garang asam bandeng asap sidoarjo! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Sekarang ini, bandeng asap cukup mudah dijumpai. Di hampir seluruh kota yang cukup dekat dengan Sidoarjo sudah bisa mencicipinya langsung. Makanan khas dan oleh oleh asal Sidoarjo Jawa Timur ini memang turut mengundang banyak sekali wisatawan dan para pendatang untuk berburu dan membeli bandengn asap sebagai buah tangan mereka ketika berkunjung ke kota ini.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat memasak garang asam bandeng asap sidoarjo hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 11 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin garang asam bandeng asap sidoarjo yuk!

Untuk menghidangkan Garang asam bandeng asap Sidoarjo, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 ekor of bandeng asap Sidoarjo.
  2. Gunakan 2 kotak of tahu putih potong-2 2x2 cm, bersihkan durinya.
  3. Siapkan 2 sendok makan of minyak goreng.
  4. Gunakan 200 cc of santan (saya: 200cc air + 3 sm santan instan).
  5. Ambil of Daun pisang yang lebar untuk membungkus, layukan dulu dengan cara direndam dalam air mendidih atau dilewatkan di atas api kompor.
  6. Siapkan of Bumbu lainnya.
  7. Gunakan 15 of Cabai rawit utuh.
  8. Gunakan 5 lembar of daun salam.
  9. Dibutuhkan 3 batang of serai, memarkan bagian putihnya.
  10. Dibutuhkan sesuai selera of Garam, gula.
  11. Sediakan bila suka of Kaldu bubuk.
  12. Ambil of Bumbu iris.
  13. Siapkan 10 butir of bawang merah rajang halus.
  14. Ambil 5 butir of bawang putih, rajang halus.
  15. Ambil 3 of cabe merah potong2 1 cm.
  16. Gunakan 3 of cabe hijau potong2 1 cm.
  17. Ambil 10 buah of tomat hijau (bila tak ada, bisa diganti 5 biji asam kandis), potong-potong.
  18. Diperlukan 3 buah of tomat merah ukuran kecil potong.
  19. Diperlukan 5 cm of jahe, potong membulat 1/2 cm.
  20. Sediakan 5 cm of lengkuas, iris membulat 1/2 cm.

Bandeng asap ini merupakan salah satu penganan khas yang tidak boleh anda lewatkan ketika anda berkunjung ke tempat ini. Bisa membuat nasi berbakul bakul habis cuma dengan lauk tunggal ini. Tapi, diolah lagi menjadi garang asam, menambah kelezatannya. dan membuat porsi bandeng asap menjadi lebih banyak sehingga bisa dimakan lebih banyak. Seperti ikan bandeng asap, bandeng presto atau otak otak bandeng.

Proses menyiapkan Garang asam bandeng asap Sidoarjo:

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan.
  2. Dalam wajan, tumis bawang merah sampai bening dan harum, kemudian tambahkan bawang putih. Lanjutkan menumis hingga bawang putih harum..
  3. Masukkan semua bumbu iris dan bumbu utuh. Aduk sebentar. Tuang air ke dalam wajan, didihkan.
  4. Masukkan tahu dan bandeng asap ke dalam wajan, masak sampai mendidih. Setelah mendidih, tambahkan santan instan. Aduk rata.
  5. Sesuaikan rasanya, tambahkan garam, gula atau kaldu bubuk bila perlu.
  6. Matikan api. Tunggu sampai masakan dingin..
  7. Susun daun pisang 2-3 lembar. Letakkan 2 sendok makan garang asam dan kuahnya ke atas daun. Atur agar dalam setiap bungkus akan ada 1 salam, 1 iris lengkuas, 1 iris jahe dan cabe rawit utuh. Bila bahan tersebut habis, tambah dengan bahan yg masih segar..
  8. Bungkus garang asam seperti membungkus botok. Kunci dengan lidi. Hati2 agar kuahnya jangan sampai tumpah..
  9. Kukus bungkusan garang asam dalam kukusan yang airnya sudah mendidih sampai 30 menit agar aroma daun pisang menambah cita rasa garang asam..
  10. Garang asam bandeng asap siap disantap..
  11. Cara lain bila saya tak punya banyak waktu: alasi mangkok pyrex dengan daun pisang, juga di sekeliling mangkuk nya. Tuang masakan ke dalam mangkuk yang sudah dialasi daun pisang. Tutup mangkuk dengan daun pisang. Kemudian tutup lagi dengan tutup mangkuk. Kukus dalam dandang yang airnya sudah mendidih, angkat setelah 30 menit..
Resep Cara Membuat Bandeng Asap Khas Sidoarjo Jawa Timur - Siapa yang tak kenal dengan bandeng asap? Makanan khas dan oleh oleh asal Sidoarjo Jawa Timur ini memang turut mengundang banyak sekali wisatawan dan para pendatang untuk berburu dan membeli bandengn asap sebagai buah tangan mereka ketika berkunjung ke kota ini. Bandeng asap ini merupakan salah satu penganan khas yang tidak boleh anda. Rencananya, perjanjian kerja sama tersebut akan ditandatangani tahun ini. Di sini ikan bandeng tidak digoreng atau dibakar seperti olahan pada umumnya, namun diolah sebagai steak bandeng tanpa duri.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat garang asam bandeng asap sidoarjo. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close