Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Soto KikiL sapi ala Aini Untuk Pemula!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep soto kikil sapi ala aini ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! soto kikil sapi ala aini cocok untuk sajian sehari-hari di rumah maupun untuk santapan perayaan hari besar.

Soto KikiL sapi ala Aini

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan soto kikil sapi ala aini karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto kikil sapi ala aini! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Lihat juga resep Soto daging sapi kuah kuning enak lainnya. Soto mie Bogor adalah sebuah makanan kuliner yang proses pembuatannya sama seperti proses membuat soto, namun bahan yang digunakan adalah bihun yang dicampur dengan mie kuning, beserta potongan daging sapi, jeroan sapi, kikil, risol goreng, kerupuk emping, serta sayur-sayuran. Soto mie Bogor tentunya tidak hanya sekedar bihun dan mi kuning saja.

Sobat dapat membuat soto kikil sapi ala aini hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto kikil sapi ala aini yuk!

Untuk menyiapkan Soto KikiL sapi ala Aini, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/4 kg of kikil sapi.
  2. Siapkan 2 butir of kentang.
  3. Ambil secukupnya of daun bawang.
  4. Ambil secukupnya of Bawang goreng.
  5. Ambil 2 lembar of daun jeruk purut.
  6. Diperlukan 2 cm of laos.
  7. Siapkan 1 cm of kunyit.
  8. Gunakan 3/4 cm of jahe.
  9. Ambil 3 butir of kemiri.
  10. Sediakan 5 butir of bawang putih.
  11. Dibutuhkan 3 butir of bawang merah.
  12. Ambil 1 lembar of salam + sereh 1.
  13. Gunakan 1/4 sendok teh of ketumbar.
  14. Dibutuhkan 1/2 sdm of masako sapi.
  15. Dibutuhkan secukupnya of garam.
  16. Siapkan 1 liter of kaldu rebusan tulang sapi biyar lebih mantap,tapi gk pake juga gk apa".... pake masakonya dibanyakin az.
  17. Ambil 4 butir of jeruk mipis.
  18. Gunakan of Bihun naga.
  19. Dibutuhkan of kubis iris tipis.
  20. Diperlukan sedikit of untuk sambal: cabai rawit goreng lalu ulek sampai halus,tambahkan air.
  21. Gunakan 1 bungkus of kara.

Kalau sudah sampai tahap ini, anda bebas memasak kikil sesuka hati. Tanpa diungkep, kikil bisa langsung dicampurkan ke dalam masakan anda. Beberapa inspirasi untuk masak kikil antara lain soto mie, mie kocok bandung, oseng-oseng mercon, semur kikil, gulai kikil, dan nasi goreng kikil ala ResepKoki. Pokoknya mau direbus, digoreng, atau disemur.

Langkah-langkah menghidangkan Soto KikiL sapi ala Aini:

  1. Rebus kikil sapi sampai empuk kurang lebih 5 menit,lalu tiriskan Setelah itu potong dadu kecil-kecil.
  2. Haluskan bumbu: Kunyit,bawang putih,bawang merah,jahe,kunyit,kemiri,ketumbar,lada Sisanya laos dan sereh digeprek saja.
  3. Cara memasak: Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian masukan sereh,salam,laos,daun jeruk,aduk" terus sampai wanginya tercium, lalu masukan ai putih secukupnya tambahkan air kaldu tulang sapi, beri garam, dan kasih penyedap rasa. Kemudian tunggu sampai air bergolak-golak,kasih kara (sesuaikan dengan selera anda) kalau saya kara 1 bungkus dipakai 1/2 az.kemudian Tes rasa sebelum dimatikan kompornya.
  4. Isian mangkuk: Kikil sapi Kentang yang sudah digoreng tipis Irisan daun bawang Bawang goreng Kubis secukupnya Mie bihun naga yang sudah dilemeskan secukupnya.
  5. Kemudian siramkan kuahnya,lalu tambahkan jeruk nipis diatasnya. Selamat mencoba bun.
Dalam video kali ini saya akan memberikan resep dan cara membuat kreasi sate kikil yang mudah enak dan lezat. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak video ber. Cara Membuat Sop Kikil Sapi Kuah Bening sambal pedas. Sup kikil ini ga kalah sama sop kikil jawa timur asli, memang sop kikil ini berkuah bening itu ga masalah justru sangat menyehatkan karena tanpa santan, jika ingin selera santan bisa Anda modifikasi supaya lebih spesial dan istimewa di hari raya idul adha lebaran haji. Resep Membuat Sate Kikil Mudah, Enak dan Lezat ala Zasanah.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto kikil sapi ala aini. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close