Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pempek tanpa ikan ala ala yang Menggugah Selera!

Bosan dengan hidangan yang itu-itu aja? Mari coba resep pempek tanpa ikan ala ala ini, mungkin bisa jadi pilihan paling tepat! Hadirkan pempek tanpa ikan ala ala untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Pempek tanpa ikan ala ala

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan pempek tanpa ikan ala ala karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek tanpa ikan ala ala! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibikin tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Bagi kamu yang belum tahu, pempek DOS adalah pempek yang dibuat tanpa tambahan ikan sedikitpun. PEMPEK DOS (tanpa ikan) diadaptasi dari Resep Ny. Liem Re-cooked by. eka - amora kitchen.

Teman-teman dapat membuat pempek tanpa ikan ala ala hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 11 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pempek tanpa ikan ala ala yuk!

Untuk menghidangkan Pempek tanpa ikan ala ala, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 250 gr of tepung tapioka.
  2. Ambil 125 gr of tepung terigu.
  3. Siapkan 1 butir of telur.
  4. Diperlukan 1 sdt of merica bubuk.
  5. Siapkan 4 siung of bawang putih.
  6. Gunakan 1 sdt of kaldu ayam.
  7. Dibutuhkan 125 ml of air.
  8. Gunakan of Bahan isian.
  9. Gunakan 2 butir of telur kocok lepas.
  10. Gunakan of Kuah cukonya.
  11. Gunakan secukupnya of Cabe rawit.
  12. Diperlukan 2 siung of Bawang putih.
  13. Ambil secukupnya of Asam Jawa.
  14. Sediakan secukupnya of Gula merah.
  15. Sediakan secukupnya of Garam.
  16. Diperlukan 150 ml of air.

Resep pempek sutra ini termasuk ke kategori pempek tanpa ikan ya Bunsay. Jadi di buat memang tanpa menggunakan ikan tengiri. Tapi bisa di ganti dengan udang, agar rasanya gurih dan nikmat dimakan. Yah, walaupun banyak juga yang menambahkan ikan ke dalam adonan pempek sutra, mungkin memang khas.

Proses memasak Pempek tanpa ikan ala ala:

  1. Campur tepung terigu dengan air, kaldu, merica dan bawang putih yang di haluskan masak sampai kental untuk jadi biang.
  2. Setelah mengental dan dingin masukan telur dan tepung tapioka..
  3. Uleni sampai kalis.
  4. Ambil sedikit adonan lalu beri lubang ditengah pakai jempol lalu beri isian tutup lagi pinggir nya dan sebagian nya di buat pempek lenjer.
  5. Sambil buat adonan didih kan 1 L air.
  6. Rebus adonan sampai mengapung terus angkat.
  7. Goreng pempek sampei matang dan sajikan dengan kuah cuko...
  8. Kuah cuko.
  9. Ulek cabe rawit dan bawang putih.
  10. Rebus air masukan gula,garam, asam jawa, bawang putih dan cabe halus nya.
  11. Biarkan mendidih dan saring siap di sajikan dengan pempek nya.
Arti pempek dos sendiri adalah pempek tanpa ikan. Bahan dasar yang dgunakan untuk membuatnya ya cuma sagu. Hidangan satu ini pun sering jadi alternatif mengkonsumsi pempek pada penggiat vegetarian. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

Mudah bukan membuat pempek tanpa ikan ala ala? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close