Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Memasak Manggut kepala manyung Anti Ribet!

Coba resep manggut kepala manyung sebagai menu istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! manggut kepala manyung salah satu sajian dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Manggut kepala manyung

Sebagian Besar orang malas mulai memasak manggut kepala manyung karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari manggut kepala manyung! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa enak. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Entah dari mana nama mangut ini, yang jelas jika kalian mencoba menikmati masakan mangut dijamin kalian mangut-mangut sangking pedasnya. Harga hidangan mangut manyung di Warung Mangut Bu Fat cukup bersahabat. Dibantu oleh karyawannya bu Sehno mengolah ikan-ikan manyung menjadi ikan manyung asap, yang nantinya akan di jual di pasar dan dijual kepada restoran yang menyediakan menu Mangut Kepala Manyung yang merupakan menu andalan rumah makan yang ada di pantura timur.

Kalian dapat membuat manggut kepala manyung hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep manggut kepala manyung!

Untuk menyiapkan Manggut kepala manyung, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 3 of pot.kepala manyung sedang. Yg sudah di panggang.
  2. Sediakan 5 biji of cabe merah keriting.
  3. Ambil 8 biji of cabe rawet merah.
  4. Siapkan 6 siung of bawang merah.
  5. Sediakan 6 siung of bawang puteh.
  6. Gunakan 1 ruas of jahe.
  7. Dibutuhkan 1 ruas of kunyit.
  8. Ambil 5 butir of kemiri.
  9. Ambil 2 of santen instan kara.
  10. Siapkan 2 of daun salam.
  11. Ambil 2 of pot.lengkuas.
  12. Siapkan secukupnya of Air.
  13. Gunakan 1 of sdm.garam halus.
  14. Siapkan 1 of sdt.gula pasir.
  15. Ambil secukupnya of Kaldu bubuk.

Kepala Ikan Manyung ini adalah hasil olahan ikan dari daerah Pantura hingga Semarang dan sekitarnya pun banyak di jumpai bahan makanan ini banyak di jual di pasar. Salah satunya di pasar dekat rumahku.sudah pasti banyak bergelimpangan Ndas Manyung ini di lapak penjual ikan asap. Kangen makan mangut kepala manyung dan soto Kudus? Tampak separuh kepala ikan manyung diberi kuah kekuningan dan irisan cabai rawit dipermukaannya.

Langkah-langkah menyiapkan Manggut kepala manyung:

  1. Kepala manyung dibersihkan..
  2. Semua bumbu di haluskan kecuali 4 biji cabe rawet merah,laos dan daun salam..
  3. Cabe rawet merah yg tertinggal diiris serong..
  4. Bumbu yg sudah halus ditumis sampe harum kemudian masukan air secukupnya, cabe iris,laos, daun salam, garam,gula dan kaldu bubuk..
  5. Setelah air mendidih masukan kepala manyung. Tunggu 10 menit sampe bumbu meresap ke kepala manyung..
  6. Setelah bumbu meresap ke kepala manyung tuang 2 santan instant kara ke dalam masakan dan aduk perlahan..
  7. Setelah mendidih api dimatikan. Dam siap disajikan..
  8. Selamat mencoba....
Harum sangit yang khas, sangat gurih menggoda. "Ikan manyung dikirim dari Pati sekitar. Kepala manyung, besar, penuh dengan bumbu pedas. Sempet sih pengen memesan sambel, tapi kok yaaa kata mba kasir, ini rasa gulainya udah pedeeees, tanpa harus ditambahin sambel :o. Ya ga jadiiii , takut sakit peruuut hahahaha. Terlebih, kepala manyung masak sayur manggut ini merupakan masakan legendaris.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat manggut kepala manyung hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close