Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut Ikan Manyung Asap ala Semarang Anti Gagal!

Coba resep mangut ikan manyung asap ala semarang sebagai hidangan istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Perkaya koleksi resepmu dengan mangut ikan manyung asap ala semarang! Makanan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Mangut Ikan Manyung Asap ala Semarang

Banyak orang malas mulai memasak mangut ikan manyung asap ala semarang karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan manyung asap ala semarang! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Memasuki area ini, pengunjung akan disambut dengan aroma amis ikan segar dan aroma khas ikan asap. Ikan Manyung, ikan laut yg biasa di jadikan ikan asin jambal roti. kepalanya biasa diolah jadi mangut ala Semarang. Kemarin penjual sayur bawa ikan Manyung asap. jarang banget. biasanya ikan Pe asap… Jadi pingin di masak mangut ah.

Kamu dapat menyiapkan mangut ikan manyung asap ala semarang hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mangut ikan manyung asap ala semarang!

Untuk menghidangkan Mangut Ikan Manyung Asap ala Semarang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 ekor of ikan manyung asap ukuran besar.
  2. Sediakan 500 ml of Santan.
  3. Dibutuhkan of Bumbu halus I :.
  4. Siapkan 8 buah of cabe merah keriting.
  5. Ambil 5 buah of cabe rawit.
  6. Dibutuhkan of (Direbus dulu baru diuleg).
  7. Dibutuhkan of Bumbu halus II :.
  8. Dibutuhkan 8 siung of bawang merah.
  9. Siapkan 5 siung of bawang putih.
  10. Dibutuhkan 3 buah of kemiri.
  11. Ambil 1 sdt of ketumbar.
  12. Diperlukan 5 cm of jahe.
  13. Gunakan 5 cm of kunyit.
  14. Siapkan 5 cm of kencur.
  15. Siapkan of Bumbu pelengkap :.
  16. Ambil of Daun jeruk.
  17. Ambil of Daun salam.
  18. Sediakan of Lengkuas.
  19. Diperlukan of Sereh geprek.
  20. Dibutuhkan Secukupnya of gula garam.
  21. Siapkan 2 buah of cabe hijau besar iris serong.

Saya kurang tahu jenis ikan ini apakah ada di daerah lain. Yang jelas ikannya besar dan dagingnya tebal. Cita rasa ikan manyung dimasak mangut ini memamg cocok. Berasa sekali sisa asap habis dibakar yang lalu dimasak kuah santan mangut,sehingga saat disantap masih meninggalkan harum bakar berpadu dengan gurih.

Langkah-langkah menghidangkan Mangut Ikan Manyung Asap ala Semarang:

  1. Potong2 ikan manyung asap, kalau di tempat saya biasanya sudah potongan daging semua, kemudian cuci bersih dan kalau saya pasti saya goreng sebentar soale biar kering dan gak terlalu bau asap..
  2. Tumis bumbu halus ke II sampai harum kemudian masukkan bumbu halus I, masukkan santan dan bumbu pelengkap aduk2 sampai mendidih..
  3. Baru masukkan ikan mayung aduk lagi biarkan sampai mendidih, masukkan cabe dan masak pakai api kecil sampai santan berkurang..
  4. Sajikan dengan nasi hangat..
Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara. Memasuki area ini, pengunjung akan disambut dengan aroma amis ikan segar dan aroma khas ikan asap. Asap mengepul dari cerobong setiap rumah produksi yang menandakan sedang berlangsung proses. Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat jadi salah satu makanan legendaris dari Semarang. Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah.

Mudah bukan membuat mangut ikan manyung asap ala semarang? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close