Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Mangut kepala manyung simple yang Sempurna!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep mangut kepala manyung simple ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! mangut kepala manyung simple cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk hidangan pesta.

Mangut kepala manyung simple

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan mangut kepala manyung simple karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut kepala manyung simple! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat kepala ikan manyung mangut berdasarkan resep ala Bu Fat yang disampaikan langsung oleh Banik Yoandanny, cucu dari Bu Fat. Sedangkan Bumbu untuk membuat Mangut Ndas Manyung yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit hijau rebus, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam, dan penyedap secukupnya.

Kamu dapat menghidangkan mangut kepala manyung simple hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mangut kepala manyung simple!

Untuk menyiapkan Mangut kepala manyung simple, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 2 of kepala manyung ukuran sedang.
  2. Ambil 1 buah of tahu.
  3. Ambil 1/2 of timun Krai.
  4. Sediakan 1 sachet of santan instan.
  5. Ambil of Tomat.
  6. Sediakan of Laos.
  7. Diperlukan of Daun salam.
  8. Siapkan secukupnya of Air.
  9. Gunakan of Garam.
  10. Gunakan of Gula pasir.
  11. Gunakan of Gula merah.
  12. Gunakan of Penyedap Rasa.
  13. Gunakan of Bumbu halus.
  14. Ambil 3 buah of kemiri.
  15. Sediakan 2 siung of bawang putih.
  16. Sediakan of iris Bumbu.
  17. Siapkan 6 siung of bawang merah.
  18. Sediakan 2 siung of bawang putih.
  19. Gunakan 5 of cabe hijau.
  20. Dibutuhkan 6 of cabe merah.
  21. Siapkan 3 of cabe rawit.
  22. Diperlukan sesuai selera of Ingin pedas tambah.

Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari khas Kecamatan Juwana. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas. Mangut adalah ikan yang diproses dengan pengasapan, lalu diolah dengan bumbu santan.

Proses menghidangkan Mangut kepala manyung simple:

  1. Rebus kepala manyung terlebih dahulu sekitar 5 menit, tiriskan.
  2. Tumis bumbu iris sampai layu kemudian masukkan bumbu halus, Laos, daun salam.
  3. Masukkan air, timun Krai, tomat, tahu, garam, gula merah, gula pasir, penyedap Rasa,.
  4. Setelah mendidih, masukkan kepala manyung, tunggu bumbu agak meresap, masukkan santan instan, aduk aduk terus sambil di tes Rasa.
  5. Jika sudah merasa pas bumbunya, matikan kompor, siap di hidangkan.
Mangut kepala ikan manyun adalah makanan khas kabupaten Pati, tepatnya di kecamatan Juwana yang terletak di Pantai Utara Jawa. Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Setelah sukses dengan dua restoran di Semarang, Restoran Kepala Manyung Bu Fat membuka cabang di Jakarta tepatnya di kawasan Cempaka Putih dan Cipete. Ikan manyung merupakan salah satu jenis ikan laut.

Mudah bukan membuat mangut kepala manyung simple? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close