Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cuko Kental Pempek Palembang Untuk Pemula!

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep cuko kental pempek palembang ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Sajian cuko kental pempek palembang ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Cuko Kental Pempek Palembang

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan cuko kental pempek palembang karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cuko kental pempek palembang! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Sedangkan cuko buatan Pempek Jimmy Devanten ini bercitarasa manis, pedas dan kental yang seimbang. Hanya saja yang paling populer dan terkenal di Nusantara maupun manca negara adalah "pempek Palembang". Ciri khas pempek Palembang asli adalah rasa pempeknya yang enak, bertekstur kenyal dengan aroma ikan tengiri yang segar.

Kawan-kawan dapat menyiapkan cuko kental pempek palembang hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep cuko kental pempek palembang!

Untuk menghidangkan Cuko Kental Pempek Palembang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 500 gram of gula merah.
  2. Ambil 500 ml of air.
  3. Dibutuhkan 1 sdm of ebi sanggrai, haluskan.
  4. Diperlukan 1 sdt of gula pasir.
  5. Ambil 1/2 sdt of garam.
  6. Sediakan 3 sdm of asam jawa, tergantung asam jawanya.
  7. Gunakan of Bumbu halus :.
  8. Diperlukan 10 siung of bawang putih.
  9. Ambil 20 buah of cabe rawit (sesuai selera).
  10. Diperlukan 3 buah of cabe merah keriting (opsi).

Selain itu, kuah cuko yang digunakan juga kental dengan rasa pedas manis gurih yang nikmat bila disajikan bersama pempek. Pempek palembang + cuko kental otentik بسم الله الرحمن الرحيم Walau bukan wong kito, pempek ini resepnya enak, dari wong palembang asli, tidak keras dan oke punya. Source empek-empek : @reuz_azka Source cuko : @thia's_dish Recook : @ummuabdillahririn Tips : - Adonan empek-empek di aduk dengan spatula atau centong nasi ya. Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Cuko Kental Pempek Palembang:

  1. Rebus air, masukan gula merah. Masak sampai gula larut. Lalu saring. Setelah disaring, masak kembali, masukan bumbu halus, ebi halus, gula pasir, garam dan asam jawa. Koreksi rasa..
  2. Didihkan dengan api kecil. Masak hingga volume air cuko berkurang/ hingga kekentalan yang diinginkan. Saring cuko dan masukan ke wadah lain. Bisa si stok simpan di kulkas..
  3. Tips: pilihlah gula merah yang warnanya gelap supanya warna cuko nya gelap hampir seperti warna kecap..
  4. Note: Sisa bumbu hasil saringan cuko jangan dibuang, bisa jadi sambel ena' buat makan kemplang 🤩👌 tumis aja bentar pake minyak goreng secukupnya trus simpan dalam wadah. Pas mau makan kemplang tinggal ditambahin sambel cuko..
Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Siapa yang tidak mengenal pempek yang khas teraso iwaknyo (ikan). Salah satu aneka jajanan yang sudah sangat terkenal ini adalah kuliner asli Palembang dengan adonan dasar campuran tepung sagu dan ikan serta disajikan dengan kuah cuka yang kental. Kuah atau orang Palembang menyebutnya Cuko adalah pelengkap dan penentu enak atau tidaknya sajian Pempek. Cara Membuat Saos Cuko Pempek: Cuko Pempek Palembang Tiada Dua.

Selamat mencoba resep cuko kental pempek palembang! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close