Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Memasak Tongkol Suwir Bumbu Balado Anti Gagal!

Ingin memasak tongkol suwir bumbu balado yang lezat? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep tongkol suwir bumbu balado terbaik! tongkol suwir bumbu balado salah satu hidangan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Tongkol Suwir Bumbu Balado

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan tongkol suwir bumbu balado karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol suwir bumbu balado! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Lihat juga resep Tongkol suwir otak otak balado enak lainnya. Resep suwir tongkol pedas Bahan"nya : Pindang tongkol Bumbunya : Bawang merah Bawang putih Cabe kriting Ya, ikan tongkol yang murah itu disulap jadi sajian spesial dengan sambal balado yang super nikmat. Lihat juga resep Tongkol suwir sederhana enak lainnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menghidangkan tongkol suwir bumbu balado hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep tongkol suwir bumbu balado!

Untuk menyiapkan Tongkol Suwir Bumbu Balado, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 2 keranjang of Tongkol iris.
  2. Sediakan of Bumbu:.
  3. Siapkan 3 siung of Bawang putih.
  4. Dibutuhkan 3 siung of Bawang merah.
  5. Sediakan 5 buah of Cabe rawit.
  6. Dibutuhkan 5 buah of Cabe kriting.
  7. Sediakan 1 buah of Kemiri.
  8. Sediakan of Terasi.
  9. Sediakan of Tomat.
  10. Diperlukan of Jahe.
  11. Diperlukan of Kunyit.
  12. Siapkan 2 lembar of Daun salam.
  13. Siapkan 3 lembar of Daun jeruk.
  14. Diperlukan of Laos geprek.
  15. Diperlukan of Gula.
  16. Siapkan of Garam.
  17. Sediakan of Penyedap.

Setelah minyak panas, silahkan tumis bumbu balado yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum yang sedap. Lalu tambahkan garam, gula dan bumbu penyedap kedalam tumisan bumbu lalu aduk-aduk merata. Masukkan ikan tongkol kedalamnya dan aduk-aduk merata sampai bumbu meresap pada ikan. Demikian salah satu aneka resep ikan tongkol yang bisa kami sampaikan untuk anda saat ini, dan akan kami lanjutkan lagi dilain kesempatan.

Langkah-langkah memasak Tongkol Suwir Bumbu Balado:

  1. Goreng tongkol setengah kering, lalu tiriskan dari minyak. Setelah dingin suwir2 tongkolnya...
  2. Siapkan bumbu-bumbunya, dan haluskan semua bumbu kecuali daun salam, daun jeruk dan laos...
  3. Setelah bumbu halus, tumis bumbu dengan tambahan daun salam, daun jeruk, laos yg digeprek. Tambahkan gula, garam, penyedap dan air secukupnya sampai bumbu matang...
  4. Lalu masukkan tongkol suwirnya kedalam bumbu, tumis hingga bumbu meresap dan airnya sediki berkurang...
  5. Setelah semuanya dirasa sudah pas, matikan kompor dan tongkol suwir baladonya siap dihidangkan...
Semoga resep ikan tongkol bumbu balado pedas ini bisa menjadikan anda menambah pengalaman untuk memasak ikan tongkol, untuk resep anek aneka ikan tongkol coba Resep Ikan Tongkol Cabai Hijau Pedas. Dendeng, ayam, telur, dan ikan adalah bahan makanan yang sering dimasak dengan bumbu balado. Khusus ikan, jenis ikan yang berdaging tebal dan padat lebih cocok untuk dibuat balado, seperti ikan tuna, tongkol, dan kembung. Bukan hanya ikan segar, ikan pindang pun cocok dan super lezat diolah jadi sajian ini. Masukkan tongkol suwir, aduk hingga bumbu rata dan meresap kering.

Mudah bukan membuat tongkol suwir bumbu balado? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close