Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Mangut Iwak Pe Panggang Anti Gagal!

Coba resep mangut iwak pe panggang sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! mangut iwak pe panggang, sajian gampang dan cepat untuk dimasak. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Mangut Iwak Pe Panggang

Pada umumnya orang malas mulai memasak mangut iwak pe panggang karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut iwak pe panggang! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dibikin terasa nikmat. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Suara.com - Berkunjung ke Semarang, kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi mangut iwak pe (ikan pari). Ya hidangan berbahan dasar ikan pari ini menjadi salah satu kuliner andalan ibukota Jawa Tengah ini. Mangut sendiri adalah jenis masakan berkuah, yang tak melulu berbahan dasar ikan pari, dengan bumbu rempah-rempah yang sangat khas dan memiliki rasa yang eksotik.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat menghidangkan mangut iwak pe panggang hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin mangut iwak pe panggang yuk!

Untuk menyiapkan Mangut Iwak Pe Panggang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 3 potong of Panggangan ikan Pe.
  2. Diperlukan 4 Potong of Tempe.
  3. Ambil 1 buah of terong hijau (potong menjadi 4 bagian).
  4. Ambil 1 buah of tomat (diiris).
  5. Siapkan 5 buah of cabe rawit (diiris).
  6. Diperlukan 3 buah of cabe hijau besar (diiris).
  7. Gunakan of Bumbu halus.
  8. Sediakan 2 buah of cabe merah keriting.
  9. Sediakan 3 buah of cabe rawit merah.
  10. Sediakan 3 of kemiri.
  11. Diperlukan 2 siung of bawang putih.
  12. Sediakan 4 siung of bawang merah.
  13. Diperlukan of Kunyit secukupnya (dibakar terlebih dulu).
  14. Gunakan 2 of Daun jeruk.
  15. Ambil 1 of Daun salam.
  16. Diperlukan 1 of Sereh.
  17. Diperlukan secukupnya of Garam.
  18. Ambil secukupnya of Kaldu bubuk.
  19. Dibutuhkan secukupnya of Gula merah.
  20. Dibutuhkan 65 ml of Santan Kara.
  21. Siapkan 500 ml of Air Matang.

Kalo di daerah saya tinggal banyak banget yg jual ikan pari (iwak pe) sudah diasap.biasanya sudah dipotong- potong bagian perut, ekor, atau sayap .tinggal diolah sesuai selera, bisa digoreng lalu dipenyet atau di masak mangut (kotokan). Resep Mangut Ikan Pe, masakan khas Semarang. Ini salah satu makanan favorit ibu. Kalo udah makan ini ga inget deh udah berapa sendok nasi yg masuk.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Iwak Pe Panggang:

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, tambahkan daun jeruk, daun salam, sereh dan lengkuas..
  2. Tambahkan air matang kemudian masukkan terong, tempe dan ikan panggangan. Masak hingga tempe dan terong matang..
  3. Apabila sdh terlihat matang masukan bahan yang diiris, tambahkan garam, gula merah dan kaldu bubuk (koreksi rasa), tunggu hingga air mendidih kemudian masukan santan (Koreksi rasa). Aduk aduk hingga matang dan santan tidak pecah..
  4. Masakan siap disajikan.
Resep Mangut Ikan Pe dulu pernah disukai oleh Alm Eyang putri. Dulu beliau suka banget masak ini, bisa dicampur tempe selain tahu, biar rame. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Untuk kali ini yang akan kami jadikan bahan dasar ikannya adalah ikan pari atau biasa disebut dengan ikan Pe.

Mudah bukan membuat mangut iwak pe panggang? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close