Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut Ikan Pari asap (Iwak Pe) Anti Ribet!

Sedang pengen coba resep mangut ikan pari asap (iwak pe) yang paling sedap? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep mangut ikan pari asap (iwak pe) terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan mangut ikan pari asap (iwak pe)! Makanan spesial untuk hari ini. Selamat mencoba resepnya!

Mangut Ikan Pari asap (Iwak Pe)

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan mangut ikan pari asap (iwak pe) karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan pari asap (iwak pe)! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Mangut merupakan sajian berkuah santan dengan bahan utama ikan dengan sensasi rasa gurih, sedikit asam dan pedas. Sedangkan iwak pe adalah ikan pari asap yang hasilkan citarasa.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat membuat mangut ikan pari asap (iwak pe) hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin mangut ikan pari asap (iwak pe) yuk!

Untuk menghidangkan Mangut Ikan Pari asap (Iwak Pe), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil of Bahan:.
  2. Sediakan 6 pcs of Ikan Asap Pari, goreng sebentar (kalau tidak ada bisa diganti dengan ikan lele goreng).
  3. Sediakan 6 pcs of Tahu Kulit.
  4. Dibutuhkan 2 buah of Cabai Merah/hijau besar.
  5. Gunakan 1 buah of Tomat Merah, potong dadu.
  6. Gunakan 1 buah of Tomat hijau, potong dadu.
  7. Ambil 1 papan of Petai (Optional).
  8. Ambil 1 batang of sereh, geprek.
  9. Sediakan 2 lembar of Daun salam.
  10. Sediakan 1 ruas of Lengkuas, geprek.
  11. Ambil 1 sdt of garam.
  12. Diperlukan 1/2 sdt of gula.
  13. Ambil 1 sdt of penyedap non msg (optional).
  14. Diperlukan 75 ml of santan kara diencerin dengan 1 sdm air.
  15. Gunakan 3 gelas of air.
  16. Ambil of Bumbu Halus:.
  17. Ambil 4 biji of Bawang putih.
  18. Gunakan 8 biji of Bawang Merah.
  19. Gunakan 1 ruas of Kencur.
  20. Gunakan 2 biji of Kemiri, sangrai.
  21. Siapkan 7 buah of cabai merah keriting.
  22. Diperlukan 1/4 sdt of merica bubuk.

Mangut Iwak Pe (Ikan Pari Asap) by Octa Wulandari adalah olahan ikan pari asap yang sayang untuk anda lewatkan begitu saja. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Mangut Ikan Pari Asap Super Enak/Iwak Pe #mangutikanpariasap #olahaniwakpe #olahanikanpariasap #mangutiwakpe Mangut merupakan istilah untuk masakan dengan kuah santan.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Ikan Pari asap (Iwak Pe):

  1. Tumis bumbu halus sampai keluar aroma harum wangi.
  2. Masukkan daun salam, cabai, tomat, dan pete, tumis hingga harum.
  3. Tuangkan air, masukkan mangut dan tahu bumbui dengan garam, merica/lada, gula pasir, dan penyedap. Rebus hingga mendidih.
  4. Tuang santan secara perlahan, aduk pelan-pelan dan secara berkala supaya santan ridak pecah. Didihkan.
  5. Mangut Ikan Pari siap disantap dengan nasi panas :) lezisss :D.
Sementara mangut ikan pari atau juga dikenal dengan ikan pe merupakan masakan khas pantai utara Jawa. Mangut ikan pari ini biasanya dibuat dari ikan pari yang sudah diasap, kemudian diberi kuah santan yang sudah dibumbui berbagai macam rempah. Rasanya benar-benar gurih dan lezat. bondowoso - Di Jawa Tengah ikan pe atau ikan pari asap diolah jadi mangut. Di Bondoeoso, Jawa Timur juga ada sajian ikan pari ini. Resep Mangut Ikan Pe dulu pernah disukai oleh Alm Eyang putri.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat mangut ikan pari asap (iwak pe) hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close