Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Tumis Tongkol Balado Kekinian

Bosen sama hidangan yang itu-itu saja? Yuk coba resep tumis tongkol balado ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan tumis tongkol balado! Hidangan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Tumis Tongkol Balado

Banyak orang sudah minder duluan tumis tongkol balado karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tumis tongkol balado! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Ikan tongkol balado merupakan lauk sejuta umat di Indonesia. Tidak heran, menu yang satu ini kelezatannya sangat luar biasa. Nasi plus tongkol balado bisa banget bikin selera makan jadi nambah.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat memasak tumis tongkol balado hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin tumis tongkol balado yuk!

Untuk menyiapkan Tumis Tongkol Balado, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 2 of pak/keranjang tongkol asap yang biasa di tukang sayur.
  2. Siapkan 3 ikat of daun kemangi, di petikin lalu cuci.
  3. Gunakan of Bahan di Uleg/Blender.
  4. Siapkan 8 of Cabe Merah Keriting.
  5. Gunakan 12-15 of Cabe Rawit Merah.
  6. Siapkan 8 buah of bawang merah.
  7. Dibutuhkan 2 siung of bawang putih.
  8. Siapkan 1 buah of Tomat.
  9. Diperlukan 2 lembar of Daun Salam.
  10. Sediakan 1 sdt of Garam.
  11. Diperlukan 1 sdt of Gula.
  12. Siapkan 1 sdt of Kaldu bubuk jamur.

Masakan rumahan ini, bisa kamu masak sendiri lho di rumah. Tentunya sangat mudah dan tidak ribet. Dendeng, ayam, telur, dan ikan adalah bahan makanan yang sering dimasak dengan bumbu balado. Khusus ikan, jenis ikan yang berdaging tebal dan padat lebih cocok untuk dibuat balado, seperti ikan tuna, tongkol, dan kembung.

Proses menyiapkan Tumis Tongkol Balado:

  1. Ikan tongkol, di cuci sebentar, lalu keringkan dan di suwir-suwir, lalu di goreng dengan minyak sedikit sampai sedikit kering.
  2. Lalu haluskan bahan-bahan diatas atau yang ada di talenan di gambar ini, kecuali daun salam ya.
  3. Lalu siapkan wajan dengan minyak sedikit, lalu masukan bahan yang sudah di haluskan, jangan lupa daun salam juga di masukkan. Lalu setelah agak wangi, tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk jamur, test rasa, lalu masukkan Tongkol dan diaduk rata..
  4. Jika dirasa tongkol terlalu kering, bisa di tambahkan air sedikit, tunggu sampai bumbu meresap ke ikan tongkol, lalu masukkan daun kemangi. Aduk rata sebentar lalu taro wadah, tunggu hingga dingin lalu masukkan kulkas. Jika mau di makan, tinggal diambil sesuai porsi makan lalu di microwave 2 menit. YUM.
Bukan hanya ikan segar, ikan pindang pun cocok dan super lezat diolah jadi sajian ini. Langkah langkah membuat tongkol balado: - Langkah pertama cuci bersih ikan tongkolnya - Kemudian goreng tongkol tersebut setengah matang agar bau amisnya hilang, kemudian sisihkan - Lalu tumis bawang merah dan juga bawang putih sampai baunya harum - Lalu tuangkan air secukupnya dan masukkan bumbu balado lalu aduk rata Demikian salah satu aneka resep ikan tongkol yang bisa kami sampaikan untuk anda saat ini, dan akan kami lanjutkan lagi dilain kesempatan. Semoga resep ikan tongkol bumbu balado pedas ini bisa menjadikan anda menambah pengalaman untuk memasak ikan tongkol, untuk resep anek aneka ikan tongkol coba Resep Ikan Tongkol Cabai Hijau Pedas. Tambahkan lengkuas geprek, lalu, masukkan gula dan penyedap rasa secukupnya. Setelah harum, masukkan tongkol hingga bumbu meresap.

Mudah bukan membuat tumis tongkol balado? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close