Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Panggang Areh Khas Klaten Kekinian

Ingin bikin ayam panggang areh khas klaten yang nikmat? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep ayam panggang areh khas klaten terbaik! ayam panggang areh khas klaten, makanan gampang dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Ayam Panggang Areh Khas Klaten

Pada umumnya orang malas mulai memasak ayam panggang areh khas klaten karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam panggang areh khas klaten! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dibikin tidak terasa datar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Ayam Panggang Klaten adalah masakan dari ayam yang terlihat agak 'berlumut' dengan areh kental. Jepit ayam dengan jepitan bambu atau tusuk dengan bambu, dan olesi badan ayam dengan sebagian santan areh berbumbu hingga rata. Kuliner Ayam Panggang Khas Klaten ini memang unik dan lezat.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat menghidangkan ayam panggang areh khas klaten hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ayam panggang areh khas klaten!

Untuk memasak Ayam Panggang Areh Khas Klaten, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 ekor of ayam utuh, belah dadanya, bersihkan.
  2. Gunakan 800 ml of santan (me : 65 ml santan kara + air).
  3. Ambil 150 gram of gula merah.
  4. Diperlukan 2 lembar of daun salam.
  5. Ambil 2 lembar of daun jeruk.
  6. Sediakan 1 ruas of jahe, memarkan.
  7. Diperlukan 1 ruas of lengkuas, memarkan.
  8. Gunakan 1/2 sdm of gula pasir.
  9. Siapkan Sejumput of garam dan kaldu bubuk (sesuai selera).
  10. Gunakan of Bumbu yang dihaluskan :.
  11. Dibutuhkan 9 siung of bawang putih.
  12. Gunakan 5 siung of bawang merah.
  13. Ambil 4 butir of kemiri.
  14. Siapkan 3 buah of cabe merah keriting.
  15. Gunakan 3 cm of kunyit.
  16. Sediakan 1 sdm of ketumbar.
  17. Gunakan 1 sdt of merica butir.
  18. Siapkan 1/4 sdt of jinten.

Ayam yang dipanggang dan disajikan bersama bumbu areh manis ini terasa begitu memikat. Rasanya yang gurih dan manisnya yang merasuk hingga ke setiap bagian dari potongan ayam tersebut. Masakan Ayam Dengan Pemasakan Di Panggang Dan Memiliki Cita Rasa Yang Khas Dan Kane, Dan Juga Bisa Menerima Pesanan. Ayam panggang Klaten menjadi kuliner khas yang wajib anda coba ketika berada di Kota Klaten Bersinar ini.

Proses membuat Ayam Panggang Areh Khas Klaten:

  1. Panggang ayam terlebih dahulu. Saya menggunakan double pan HappyCall. Panggang sambil dibolak-balik sampai tercium aroma khas bakar. Angkat dan sisihkan..
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu pelengkap lainnya sampai wangi dan matang. Masukkan santan dan air. Tunggu sampai mendidih sambil santan diaduk-aduk..
  3. Kemudian masukkan ayam. Setiap 10 menit balik posisi ayam. Sering aduk santan sampai menyusut dan mengental kecoklatan..
  4. Santan mulai menjadi areh sekitar semangkuk kecil. Matikan api..
  5. Bisa dibakar lagi dengan dilumuri kecap atau langsung disajikan. (Sampai tecopot tulangnya dan terbelah 2 bagian ayamnya, memang empuk sekali).
Ayam Panggang Klaten ini juga merupakan ayam panggang yang sangat populer dan legendaris. Makanan khas Kota Klaten yang selanjutnya adalah Soto Ayam Barokah. Soto Ayam ini dibuat dengan bumbu khusus dan tak lupa diberi tambahan potongan daging ayam. KLATEN (kabarepiye.com) - Warung Lesehan Ayam Bakar Khas Klaten Handari semakin diminati masyarakat. Ayam panggang khas Klaten di solo Hai gaesss siapa sich yg tahan sm godaan si Ayam Panggang Kaoeman.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam panggang areh khas klaten. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close