Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menghidangkan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang Untuk Pemula!

Jenuh sama makanan yang itu-itu aja? Yuk coba resep pempek dos (tanpa ikan) plembang ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! pempek dos (tanpa ikan) plembang cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan perayaan hari besar.

Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang

Sebagian Besar orang tidak berani memasak pempek dos (tanpa ikan) plembang karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos (tanpa ikan) plembang! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Pempek Dos (pempek tanpa ikan) Palembang Karena orang dirumah lagi rame dan lagi hujan emang paling enak makan pempek yakaann , jadila pempek dadakan tanpa ikan tapi tetep laris manissss. Isi seadanya yg di kulkas ada tahu dan ebi. RESEP — Nama pempek DOS memang terdengar unik dan asing.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat menghidangkan pempek dos (tanpa ikan) plembang hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pempek dos (tanpa ikan) plembang yuk!

Untuk menghidangkan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 250 gr of terigu.
  2. Sediakan 2 butir of telor ayam utuh.
  3. Diperlukan 1 sdm of garam (sesuai selera).
  4. Gunakan 1/2 sdt of vetsin (you may skip it, it's optional).
  5. Gunakan 400 gr of sagu, merk apa sj (kl mw lebih kenyal boleh + 100 gr).
  6. Siapkan 1 liter of air.

Namun siapa yang tahu, ternyata nama tersebut diambil sebab saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Bagi kamu yang belum tahu, pempek DOS adalah pempek yang dibuat tanpa tambahan ikan sedikitpun. Nama pempek DOS memang terdengar unik. Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'.

Proses menghidangkan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang:

  1. Campur semua bahan jadi satu kecuali sagu. Aduk rata sampai tidak ada yg bergerindil..
  2. Didihkan adonan sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Gunakan api kecil ya Jeng2.. Aduk terus sampai mengental. Kalo sudah mendidih dan kental, matikan api dan dinginkan..
  3. Setelah dingin, tambahkan sagu sedikit2 sambil terus diuleni..
  4. Setelah diuleni, baru bisa dibentuk/ dibikin sesuai selera. Untuk jenis pempek yg bs langsung digoreng antara lain : pempek pistel, pempek isi udang rebon, dan pempek isi tahu (tahunya digoreng sebentar dulu sebelum diisikan). Untuk jenis pempek yg direbus : pempek telok kecik, pempek lenjer, dan pempek kerupuk / keriting..
  5. Untuk pempek yg langsung digoreng, Jeng2 harus ingat. Saat menggoreng gunakan api kecil saja, biar gak gosong tp masih mentah dalem. Nha, kalo untuk pempek rebus, pun jgn terlalu lama merebusnya. Kalo sdh mengapung si pempek, angkat..
  6. Digambar akhir aku pake foto pempek telok kecik dan pempek lenjer yg digoreng dulu sebelum disajikan ke misua. Request misua? Goreng garing, Hun..😙 Nha, siap deh dinikmati pake cuko..
Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Lihat juga resep Pempek Dos enak lainnya. Hasilnya sih tetap enak ya, apalagi cukonya 🤤 setidaknya mengobati kangen makan pempek asli palembang yg biasa dibawain suami klo dari dinas di s. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat pempek dos (tanpa ikan) plembang hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close