Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Memasak Sup Ayam Merah (Angkhak) Kekinian

Bosan sama sajian makanan yang itu-itu aja? Mari coba resep sup ayam merah (angkhak) ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Hadirkan sup ayam merah (angkhak) untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Sup Ayam Merah (Angkhak)

Kebanyakan orang takut mulai memasak sup ayam merah (angkhak) karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sup ayam merah (angkhak)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai banyak bumbu agar masakan yang dihasilkan tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Sup Ayam Angkak / Ayam Merah Simpel. Untuk sup merah berikut ini, bahan yang saya gunakan adalah daging ayam, sosis, buncis, wortel, dan makaroni. Sangat digemari oleh semua kalangan, bahkan anak kecil yang ga doyan sayur pun pasti mau makan dengan lahap menu yang satu ini.

Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat menyiapkan sup ayam merah (angkhak) hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep sup ayam merah (angkhak)!

Untuk menyiapkan Sup Ayam Merah (Angkhak), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1 ekor of ayam kampung ukuran kecil.
  2. Ambil 1 liter of air.
  3. Dibutuhkan secukupnya of Beras merah (angkhak).
  4. Dibutuhkan Seruas of jahe.
  5. Sediakan secukupnya of Garam.
  6. Sediakan of Wolfberry secukupnya (skip juga gpp).

Ayam bangkok yang sedang masa tenang,lebih bagus jika kita berikan. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang sampaii harum, aduk. Masukkan ayam, aduk sampai warnanya merah. Saya masak sup ayam ini buat anak saya.

Cara membuat Sup Ayam Merah (Angkhak):

  1. Rebus air hingga mendidih..
  2. Masukkan jahe (diiris tipis) dan ayam yang sudah dibersihkan..
  3. Masukkan garam dan angkhak (ini beras khusus ya, bukan beras merah utk masak nasi). Biarkan mendidih sejenak, kuah baru akan terlihat berwarna. Koreksi rasa..
  4. Saat ayam sudah empuk, masukkan wolfberry. Biarkan mendidih sejenak. Matikan kompor..
Karena anak saya pernah demam sampai kejang.sampai saya trauma 🤣🤣. Bukan cara saya menyediakan sup yang biasa yang mana saya akan tumis darat. Tumis darat ialah saya menumis bawang, halia dan rempah sup terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah sup. Kuah Ayam Merah atau Kuah Ayam Angkak adalah masakan Kuah dengan bahan Ayam Kampung dan angkak. Angkak (bahasa Tionghoa: 紅麴米, 红曲米; pinyin: hóng qú mǐ; lit. "red yeast rice"), red fermented rice, red kojic rice, red koji rice, atau ang-kak, yaitu beras putih jenis tertentu yang dibiakkan dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari sehingga mengubah warna beras menjadi merah.

Mudah bukan membuat sup ayam merah (angkhak)? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close