Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Karipap Pusing atau Pastel berlayer Anti Ribet!

Ingin masak karipap pusing atau pastel berlayer yang nikmat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep karipap pusing atau pastel berlayer terbaik! Satu lagi menu makanan yang bisa bikin meja makan semakin meriah - karipap pusing atau pastel berlayer! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Karipap Pusing atau Pastel berlayer

Banyak orang tidak berani memasak karipap pusing atau pastel berlayer karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari karipap pusing atau pastel berlayer! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Dengan kulit yang berlayer-layer selain cantik, ternyata saat digigit langsung prul dimulut. Untuk isian nya cocok juga bila diisi daging babi masak kecap lo. Tapi di resep saya tuliskan isian yang lebih.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat membuat karipap pusing atau pastel berlayer hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep karipap pusing atau pastel berlayer!

Untuk menghidangkan Karipap Pusing atau Pastel berlayer, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Bahan Kulit.
  2. Gunakan of Bahan A.
  3. Diperlukan 125 gram of tepung terigu.
  4. Diperlukan 75 gram of margarin.
  5. Siapkan of Bahan B.
  6. Ambil 150 ml of air dingin.
  7. Diperlukan 375 gram of tepung terigu.
  8. Ambil 25 gram of gula.
  9. Dibutuhkan 40 gram of minyak goreng.
  10. Sediakan 1/2 sdm of garam.

Resep Pastel Kulit Berlapis Renyah (Karipap Pusing atau Pastel Pusing) Pastel adalah jajanan favorite saya. Sering sekali membelinya dari Mang Ujang, penjaja kue keliling di tempat kami tinggal. Pastel tersebut istimewa karena kulitnya yang renyah dan berlapis-lapis. Jarang sekali menemukan pastel sejenis ini.

Cara membuat Karipap Pusing atau Pastel berlayer:

  1. Untuk kulit : Campur bahan A dan uleni hingga dapat dibentuk. Bagi menjadi 4 bulatan sama banyak..
  2. Campur terigu, minyak goreng, gula, dan garam pada bahan B. Tambah air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Bagi menjadi 4 bulatan sama banyak..
  3. Ambil 1 bulatan adonan B, pipihkan, dan isi dengan 1 bulatan adonan A. Lalu tutup dan bulatkan. Lakukan pada ketiga adonan lainnya. Diamkan selama 15 menit..
  4. Ambil 1 bulatan dan gilas tipis. Lalu lipat adonan ke tiga arah (lipatan single). Gilas lagi memanjang hingga tipis dan gulung. Lakukan pada ke tiga adonan lainnya..
  5. Potong adonan horisontal dengan tebal kurleb 1-1,5 cm. Gilas tipis tiap potongan, beri isi, dan bentuk tepian seperti pastel. Lakukan hingga tiap potongan habis..
  6. Goreng dalam minyak panas menggunakan api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan..
Dalam bahasa Inggis disebut sbagai curry puff. Lalu kata 'pusing' itu karenan penampilan karipap yang berlayer-layer berupa putaran, dalam bahasa melayu disebut pusing. Di Indonesia sendiri disebutnya pastel keong karena penampilannya yang mirip keong. Maka karipap pusing ini sudah lama jadi target incaran. Cara buat karipap pusing atau curry puff pastry.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat karipap pusing atau pastel berlayer hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close