Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Lele Cabai Hijau Untuk Pemula!

Perlu hidangan praktis untuk hari ini? Resep lele cabai hijau ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! lele cabai hijau salah satu sajian dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Lele Cabai Hijau

Banyak orang sudah minder duluan lele cabai hijau karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lele cabai hijau! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Lihat juga resep Sarden cabe ijo enak lainnya. Panduan Kultur Teknis: Budidaya Cabe Hijau Untuk Pemula, Lengkap - Cabe Hijau Besar pada dasarnya adalah jenis golongan cabe merah (Capsicum annum L) yang panen dini saat cabe masih berwarna hijau. Panen cabe terlalu dini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kondisi cuaca buruk di lokasi budidaya cabe,lokasi pengiriman barang yang terlalu jauh dan kenaikan harga cabe dipasaran.

Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat membuat lele cabai hijau hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin lele cabai hijau yuk!

Untuk menyiapkan Lele Cabai Hijau, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 3 ekor of lele goreng / ikan goreng.
  2. Sediakan 10 bh of cabe hijau.
  3. Diperlukan 5 bh of rawit merah *kl suka pedes.
  4. Diperlukan 3 siung of bawang putih.
  5. Dibutuhkan 5 siung of bawang merah.
  6. Dibutuhkan 2 bh of tomat hijau kecil.
  7. Siapkan 1 sdm of saus tiram.
  8. Gunakan 1 sdt of kecap ikan.
  9. Sediakan 1 sdt of kecap manis.
  10. Sediakan 5 lbr of daun jeruk.
  11. Gunakan of Garam,gula pasir, penyedap *bila suka.
  12. Siapkan 2 sdm of minyak utk menumis.

Angkat; Jika sudah layu, tumbuk bahan diatas secara kasar. Usahakan saat menumbuk, semua bahan tercampur sempurna. Rebus dulu cabai hijau, cabai rawit, bawang putih dan juga bawang merahnya sampai lunak. Ulek saja semua bahan sambalnya sampai halus.

Cara membuat Lele Cabai Hijau:

  1. Iris tipis,cabe,rawit,duo bawang,tomat hijau. Sobek sobek daun jeruk. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak diwajan. Tumis duo bawang,jika sudah harum masukkan cabe hijau,rawit,daun jeruk. Tumis sampai layu..
  3. Tambahkan air,sedikit saja. Masukkan kecap ikan,saus tiram,kecap manis,garam,gula pasir,penyedap bila suka. Aduk aduk,tes rasa.
  4. Terakhir masukkan lele/ikan goreng. Aduk aduk. Biarkan bumbu meresap dan kuah berkurang..
  5. Angkat dan sajikan dengan nasi panas..
  6. Woooww, cepat enak irit waktu,gak mubazirrr makanan. Selamat mencoba buu 😆😆.
Panaskan minyak dan kemudian tumis sambal yang tadi sudah Anda haluskan. Tambahkan daun jeruk & juga garam. Koreksi rasanya sampai pas di lidah & sajikan sambal. Sudah bisa dibayangkan bagaimana rasa gurih dan lembut dari daging ikan yang berpadu dengan sambal cabai hijau yang segar, tentu akan membuat santap siang semakin lezat. Diketahui ikan lele adalah jenis ikan tawar yang memiliki kandungan tinggi protein, rendah lemak, serta mengandung fosfor yang bagus untuk tubuh.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat lele cabai hijau hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close