Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam goreng lengkuas Anti Gagal!

Coba resep ayam goreng lengkuas sebagai menu istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! ayam goreng lengkuas adalah salah satu menu makanan yang paling digemari. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Ayam goreng lengkuas

Pada umumnya orang tidak berani memasak ayam goreng lengkuas karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng lengkuas! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ayam Goreng Bumbu Lengkuas enak lainnya. Resep Ayam Goreng Lengkuas - Ayam goreng lengkuas merupakan salah satu kuliner khas Indonesia dengan citarasa masakan Sunda yang super enak dan lezat. Jika dilihat, sekilas olahan ayam goreng yang satu ini mirip sekali dengan ayam goreng serundeng kelapa dan juga ayam goreng kremes yang terbuat dari tepung berbumbu.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat menyiapkan ayam goreng lengkuas hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ayam goreng lengkuas!

Untuk menyiapkan Ayam goreng lengkuas, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 kg of ayam.
  2. Sediakan 200 gr of lengkuas.
  3. Gunakan 30 gr of bawang putih.
  4. Dibutuhkan 30 gr of bawang merah.
  5. Sediakan 1/2 sdm of kunyit bubuk.
  6. Diperlukan 1 sdm of bubuk kari (atau ketumbar bubuk).
  7. Ambil 2 cm of jahe.
  8. Ambil 2 btg of sereh.
  9. Dibutuhkan 4 lbr of daun jeruk purut.
  10. Diperlukan Secukupnya of garam.
  11. Dibutuhkan 1 sdt of cuka apel.

Ayam goreng memang menjadi salah satu menu hidangan favorit, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Tidak heran, daging ayam yang kenyal dan nikmat itu memang paling enak disajikan saat masih panas-panas, apalagi kalau ada bumbu kremesannya yang menambah cita rasa. Selain dibuat dari tepung, anda juga bisa membuat kremesan ini dari bumbu lengkuas. Bagi Anda yang sangat suka dengan olahan ayam goreng, maka alangkah baiknya untuk mencoba salah satu resep yang satu ini yaitu bernama ayam goreng bumbu lengkuas.

Proses menyiapkan Ayam goreng lengkuas:

  1. Potong ayam sesuai selera.
  2. Haluskan lengkuas dengan blender. Haluskan bawang merah dan bawang putih serta jahe..
  3. Tumis bumbu halus, sereh dan daun jeruk dengan minyak sedikit hingga wangi..
  4. Masukkan lengkuas yg sudah dihaluskan. Tambahkan bubuk kati dan bubuk kunyit. Tumis hingga wangi.Tambahkan garam dan cuka secukupnya..
  5. Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu. Ratakan bumbunya. Masak sampai berair..
  6. Tambahkan air hingga ayam terendam merata. Masak dengan api kecil sampai air mengering..
  7. Setelah bumbu mengental matikan api. Ayam ini bisa disimpan atau langsung digoreng. Jika disimpan, tunggu dingin dan simpan di refrigerator..
  8. Siap digoreng jadi ayam bumbu lengkuas..
Pasalnya bukan hanya mempunyai rasa yang sangat enak dan maknyus, akan tetapi jenis masakan tradisional yang sering ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia tersebut, menjadi salah satu jenis masakan sehari-hari yang sangat. Ayam goreng lengkuas atau laos adalah salah satu variasi resep masakan ayam goreng dengan citarasa gurih dan lezat. Walaupun tampilannya tidak terlalu beda jauh dengan ayam goreng ungkep bumbu kuning, tetapi aroma dan rasanya beda lho. Perbedaannya terbesar tentu saja di serundeng atau kremesan lengkuas yang disajikan bersama dengan ayam gorengnya. Resep masakan ayam goreng lengkuas merupakan pilihan kreasi masakan ayam yang sayang untuk dilewatkan.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam goreng lengkuas. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close