Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menyiapkan Ayam dan tempe bacem Anti Gagal!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep ayam dan tempe bacem ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! ayam dan tempe bacem adalah salah satu menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Ayam dan tempe bacem

Sebagian Besar orang sudah minder duluan ayam dan tempe bacem karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam dan tempe bacem! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat membuat ayam dan tempe bacem hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin ayam dan tempe bacem yuk!

Untuk membuat Ayam dan tempe bacem, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 350 gr of ayam (saya 3 paha bawah+ 1/2 dada kecil).
  2. Siapkan 8 of tempe buntelan.
  3. Gunakan 2 of gula jawa.
  4. Diperlukan 750 ml of air.
  5. Sediakan 3 lembar of daun salam.
  6. Diperlukan Sedikit of laos.
  7. Diperlukan secukupnya of Gula pasir, garam.
  8. Gunakan 5 sdm of kecap manis.
  9. Gunakan 1 sdt of asam, larutkan dgn sedikit air, saring,ambil airnya sj.
  10. Diperlukan of Bahan yg dihaluskan :.
  11. Gunakan 3 siung of bawang putih.
  12. Diperlukan 5 siung of bawang merah.
  13. Sediakan 2 sdt of ketumbar bubuk.

Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Langkah-langkah membuat Ayam dan tempe bacem:

  1. Uleg bumbu halus, cuci bersih ayam, siapkan bahan2.
  2. Siapkan panci berisi air, taruh salam dulu, ayam, tempe, dan semua bahan, hidupkan kompor.
  3. Bila sdh mendidih, beri gula, garam, kecap, koreksi rasa. Masak dgn api kecil hingga air menyusut hampir habis, dan bumbu meresap.
  4. Tiriskan ayam dan tempe, sebelum dihidangkan goreng terlebih dahulu sebentar saja, karena mudah gosong ya bunda. Enak dibuat lauk, plus sambal terasi lebih mantap😋.
Angkat dan sajikan ayam bacem bersama sambal dan nasi putih yang masih hangat. Ternyata cukup mudah bukan cara membuat ayam goreng dengan bumbu bacem diatas. Walaupun sederhana cara membuatnya, Resep Ayam Bacem Goreng diatas rasanya tidak kalah lho dibandingkan dengan masakan ayam goreng bacem asli yang banyak tersedia di Jogya. Resep Ayam Bacem Goreng Enak - Bacem merupakan salah satu hidangan atau masakan yang kerap ditemukan di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, termasuk Jogjakarta. Lihat juga resep Tempe Tahu Bacem enak lainnya.

Mudah bukan membuat ayam dan tempe bacem? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close