Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Membuat Pempek Dos Tanpa Ikan yang Enak!

Coba resep pempek dos tanpa ikan sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hidangan pempek dos tanpa ikan ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Pempek Dos Tanpa Ikan

Banyak orang malas mulai memasak pempek dos tanpa ikan karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos tanpa ikan! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai berbagai bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Resep Pempek Tanpa Ikan - Pempek merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Olahan ini terbuat dari campuran tepung dan ikan tenggiri atau tongkol yang diberi kuah cuko.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat membuat pempek dos tanpa ikan hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 12 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pempek dos tanpa ikan yuk!

Untuk menghidangkan Pempek Dos Tanpa Ikan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 250 ml of air.
  2. Diperlukan 2 sdt of Garam.
  3. Diperlukan 1 sdt of Kaldu bubuk.
  4. Diperlukan 125 gr of terigu.
  5. Ambil 2 butir of telur.
  6. Siapkan 200 gr of tepung tapioka.
  7. Dibutuhkan Secukupnya of tepung tapioka utk baluran.
  8. Dibutuhkan of Bahan Cuko.
  9. Siapkan 8 siung of bawang putih.
  10. Gunakan 3 buah of cabe keriting.
  11. Sediakan 1 buah of cabe rawit.
  12. Sediakan 1,5 sdm of rebon.
  13. Siapkan 200 gr of gula merah.
  14. Siapkan 50 gr of gula pasir.
  15. Gunakan sesuai selera of Asam jawa.
  16. Dibutuhkan 1/2 sdt of garam.
  17. Dibutuhkan 1/2 sdt of kaldu jamur.
  18. Diperlukan 400 ml of air.

Meski ikan menjadi bahan utamanya, saat ini telah banyak kreasi resep pempek tanpa ikan yang tetap terasa lezat. Tak kalah dengan rasa […] Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek - empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos.

Langkah-langkah membuat Pempek Dos Tanpa Ikan:

  1. Tuang air ke dalam panci. Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Didihkan di atas kompor..
  2. Setelah mendidih, matikan kompor. Masukkan terigu. Aduk rata. Tunggu hingga hangat. Masukkan telur. Aduk rata hingga tdk ada gerindilan..
  3. Masukkan tapioka. Aduk rata. Uleni dgn tangan agar lebih mudah tercampur..
  4. Siapkan tepung tapioka utk baluran. Balur tangan dgn tapioka, kemudian ambil adonan dan dibentuk sesuai selera..
  5. Utk membuat bentuk kapal selamnya, pecahkan 1-2 telur ke dalam mangkuk. Kocok lepas. Ambil adonan. Bentuk bulat, kemudian lubangi tengahnya hingga membentuk kolam. Isi dgn telur. Kemudian pipihkan atasnya hingga tertutup rapat. Klo sy cuma dibentuk lonjong2 aja. 😅 Lakukan hingga adonan habis..
  6. Didihkan air di panci. Tuang sedikit minyak pada air (agar pempek tidak saling lengket). Masukkan adonan yg sdh dibentuk. Rebus hingga mengapung dan terus rebus hingga 5 menitan lagi utk memastikan pempeknya matang..
  7. Angkat dan tiriskan..
  8. Goreng pempek hingga kecoklatan kedua sisinya. Angkat dan tiriskan..
  9. Buat cuko pempek dgn memblender bawang, cabe, dan rebon. Boleh ditambahkan sedikit air..
  10. Pada panci, tuangkan air. Masukkan hasil blenderan, gula merah, gula pasir, asam jawa, kaldu jamur, dan garam. Aduk rata. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa..
  11. Utk penyajian, potong pempek dan tuangkan cuko. Bisa ditambahkan potongan timun dan mie rebus..
  12. Ini setelah seminggu. Masih enak 😋.
Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan. Jadi berakhirlah saya, di hari Minggu kemarin, berkutat di dapur membuat pempek tanpa ikan yang ternyata rasanya tetap gurih dan lezat. Goreng pempek dalam minyak panas sampai permukaannya kecoklatan, angkat serta tiriskan. Selesai dong resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut nya.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat pempek dos tanpa ikan hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close