Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ote-Ote aka Bakwan Sayur yang Enak Banget!

Coba resep ote-ote aka bakwan sayur sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi sajian yang bakal bikin meja makan semakin meriah - ote-ote aka bakwan sayur! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Ote-Ote aka Bakwan Sayur

Banyak orang sudah menyerah duluan ote-ote aka bakwan sayur karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ote-ote aka bakwan sayur! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dibikin tidak terasa datar. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

In this recipe, I am making the very basic version of the vegetables fritters. In Surabaya, this meal is known as Ote-ote (which means "naked" in English) - don't ask my why, while in other towns, they called it Bakwan Udang Sayur. I don't know where originally this meal comes from.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat membuat ote-ote aka bakwan sayur hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ote-ote aka bakwan sayur!

Untuk menyiapkan Ote-Ote aka Bakwan Sayur, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 300 gram of tepung terigu.
  2. Diperlukan 2 sdm of maizena.
  3. Dibutuhkan 1 sdm of tepung beras.
  4. Diperlukan 1 butir of telur.
  5. Siapkan Secukupnya of air.
  6. Diperlukan of Bumbu (haluskan jadi satu).
  7. Diperlukan 1 sdm of garam.
  8. Sediakan 1.5 sdm of gula pasir.
  9. Sediakan 1 sdt of merica bubuk.
  10. Sediakan 1 sdt of ketumbar bubuk.
  11. Gunakan 4 siung of bawang putih.
  12. Siapkan of Sayuran.
  13. Diperlukan Secukupnya of daun kol.
  14. Dibutuhkan Secukupnya of wortel.
  15. Siapkan Secukupnya of tauge.
  16. Sediakan Secukupnya of jagung muda pipil.

But in my hometown, it's a popular snack and easy to find. I can buy it in some food stall selling different kind of snacks. Lihat juga resep Ote-Ote aka Bakwan Sayur enak lainnya. Di Jawa Barat bakwan disebut "bala-bala", sedangkan di Jawa Tengah khususnya di daerah Pati disebut "Pia-pia".

Langkah-langkah memasak Ote-Ote aka Bakwan Sayur:

  1. Campur tepung terigu, maizena dan tepung beras. Aduk sampai rata. Selanjutnya ulek bahan bumbu halus..
  2. Campur tepung dengan bumbu halus, 1 butir telur dan air. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata, berhentilah menuang air jika dirasa sudah cukup kekentalannya..
  3. Tambahkan sayuran yang telah bersih dan dipotong-potong. Aduk rata. Diamkan dalam kulkas selama 10-15 menit..
  4. Goreng adonan sesuai selera dengan bentuk sesuai keinginan. Sajikan selagi hangat dengan cabaii rawit atau sambal lainnya..
Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur. Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok. Resep Weci, Ote ote atau Bala Bala resep ote ote spesial. Weci, heci, bala bala atau ote ote merupakan nama lain bakwan sayur.

Selamat mencoba resep ote-ote aka bakwan sayur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close