Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Memasak Hampap iwak karing (banjar banar) Anti Ribet!

Sedang pengen coba resep hampap iwak karing (banjar banar) yang paling lezat? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep hampap iwak karing (banjar banar) terbaik! hampap iwak karing (banjar banar), makanan mudah dan cepat untuk dimasak. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Hampap iwak karing (banjar banar)

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan hampap iwak karing (banjar banar) karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari hampap iwak karing (banjar banar)! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat pastinya harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Masakan Banjar memiliki citarasa yang khas karena menggunakan rempah yang diracik secara khas pula. Jika kamu pergi ke Banjarmasin, maka ada salah satu rekomendasi makanan yang enak yaitu bernama hampap. Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat gurih, asin, dan sedikit pedas.

Kamu dapat membuat hampap iwak karing (banjar banar) hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin hampap iwak karing (banjar banar) yuk!

Untuk menyiapkan Hampap iwak karing (banjar banar), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Ikan kering talang (sebenarnya ikan gabus atau tauman enderss).
  2. Diperlukan 3 of telur ayam / bebek.
  3. Siapkan 1/2 of kelapa santan.
  4. Siapkan of Bumbu :.
  5. Sediakan of Bawang merah.
  6. Ambil of Serei.
  7. Sediakan of Jahe.
  8. Siapkan of Kunyit.
  9. Gunakan of Cabe rawit.
  10. Sediakan of Garam.
  11. Ambil of Pitsin.
  12. Gunakan of Asam jawa.

Hal ini karena hampap terbuat dari bahan dasar ikan haruan. Selanjutnya ada lauk khas Kalsel tepatnya di kawasan Hulu Sungai bernama Hampap (Iwak Karing Batanak). Bahan dasar masakan ini terdiri dari ikan haruan (gabus) yang telah dijemur setengah kering lalu dimasak dengan bumbu khusus. Beberapa warga Banjar menyebutnya dengan nama Iwak Basamu yang sebelum diolah akan diawetkan terlebih dahulu.

Proses membuat Hampap iwak karing (banjar banar):

  1. Rebus ikan kering dengan air sampai ikannya mamak (bahasa banjar)/ empuk..
  2. Iris bawang merah dan masukan pd rebusan, beri serei yg d geprek dan jahe juga d geprek dan cabe rawit serta kunyit yang dihaluskn.
  3. Masukan telor satu persatu kedalam rebusan jangan sampai hancur yaaa.....
  4. Tunggu telur matang masukan santan kelapa, tambahkan perasan asam jawa beri garam dan pitsin.
Proses ini ada yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun lho. Konon, semakin asam atau asin sajian ini maka cita rasanya akan semakin nikmat. Lagi hamil pengen betul makan kue ini. Karna lgi di perantauan jdi bikin sendiri deh, pernah beli disini tp nda sesuai selera rasanya dan juga keras banget. Tumis bumbu sampai harum kemudian masukan pakis, tumis pakis sampai agak layu Iwak karing sapat dimasak dengan cara digoreng.

Mudah bukan membuat hampap iwak karing (banjar banar)? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close